Gus Yahya Bakal Orasi Ilmiah di Pelantikan Rektor IAINU Tuban - Tugujatim.id

Gus Yahya Bakal Orasi Ilmiah di Pelantikan Rektor IAINU Tuban

  • Bagikan
Kegiatan pelantikan Rektor IAINU Tuban. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Kegiatan pelantikan Rektor IAINU Tuban. (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Katib Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul UIama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf  dijadwalkan hadir di Tuban, Kamis (28/10/2021). Pria yang namanya digadang-gadang sebagai pengganti KH Said Agil Sirajd di kursi Ketua Umum PBNU tersebut akan memberi orasi ilmiah di Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban dalam acara pelantikan Rektor IAINU Tuban periode 2021-2026.

Selain itu, acara ini juga dirangkai dengan pelantikan Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) IAINU Tuban serta peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional. Acaranya pun bakal digelar di halaman gedung KH Hasyim Asy’ari, kompleks IAINU Tuban.

Acara ini sekaligus acara puncak dan resepsi peringatan Hari Santri Nasional yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban. Karena itu, dalam acara ini bakal diselingi dengan pembacaan pengumuman pemenang beberapa lomba yang dihelat dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional PC NU Tuban.

‘’Peringatan Hari Santri Nasional oleh PCNU Tuban memang ada banyak rangkaian kegiatan. Puncaknya digelar di IAINU Tuban,’’ ujar Ketua Panitia Hari Santri Nasional PC NU Tuban Ahmad Ja’far Ali pada Selasa (26/10/2021).

Dia mengatakan, ada dua acara besar dalam peringatan Hari Santri Nasional yang digelar PCNU Tuban. Dia melanjutkan, yang sudah terlaksana apel Hari Santri yang dilaksanakan pada 22 Oktober 2021. Acara yang digelar di lapangan Pondok Pesantren Tanggir, Kecamatan Singgahan, tersebut diikuti tak kurang dari 2.000 peserta.

Menurut dia, ada beragam acara yang digelar oleh para badan otonom (banom) dan lembaga di bawah NU Tuban. Misalnya lomba futsal, seminar, lomba jingle Hari Santri yang digelar oleh IPNU dan IPPNU.

Juga ada Ma’arif Competition yang digelar Lembaga Pendidikan Ma’arif (LP Ma’arif) hingga ada pelantikan pengurus dan dialog yang digelar Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) serta kegiatan lainnya.

‘’Sebagian kegiatan sudah terlaksana, ada yang masih berjalan dan belum dilaksanakan,’’ kata pria yang juga ketua Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Cabang Tuban ini.

  • Bagikan