Hadapi Ledakan Kasus Omicron, Kepala Dinkes Kabupaten Kediri: Rumah Sakit Siap 100 Persen - Tugujatim.id

Hadapi Ledakan Kasus Omicron, Kepala Dinkes Kabupaten Kediri: Rumah Sakit Siap 100 Persen

  • Bagikan
Ledakan kasus Omicron. (Foto: IG @rsudslgkediri/Tugu Jatim)
Ilustrasi Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul Kediri. (Foto: IG @rsudslgkediri)

KEDIRI, Tugujatim.id – Rumah sakit di Kabupaten Kediri mulai persiapan menghadapi ledakan kasus Omicron. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri menyebut sudah siap 100 persen persiapannya.

Kesiapan rumah sakit memang merupakan suatu hal yang sangat memengaruhi keberhasilan penanganan pandemi Covid-19. Karena itu, kesiapan yang matang harus dilakukan.

Kepala Dinkes Kabupaten Kediri Ahmad Khatib mengatakan, untuk menghadapi prediksi ledakan kasus Omicron yang akan terjadi hingga Maret 2022, rumah sakit di Kediri sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan. Mulai dari kamar rawat, oksigen, dan obat-obatan yang dibutuhkan.

“Alhamdulillah, kami belajar dari kasus yang lalu. Kebutuhan oksigen menjadi yang utama dan di 3 rumah sakit yang ada di Kediri sudah memiliki jumlah liquid oksigen dan tabung yang banyak, obat-obat juga masih cukup,” ungkapnya pada Rabu (26/01/2022).

Untuk mempersiapkan itu, pemerintah sudah menyediakan total sekitar 500 tempat tidur di seluruh rumah sakit yang ada di Kabupaten Kediri. Yaitu, RSUD Kab Kediri, RSUD SLG, RS HVA, RS Amelia, RSM Siti Khotijah, RS Aura Syifa, RS Wilujeng, RS Arga Husada, dan RS Surya Melati. Selain itu, juga disiapkan isoter di Kecamatan Grogol sebanyak 200 tempat tidur.

Dia mengatakan, saat ini semua sudah siap 100 persen untuk menghadapi lonjakan kasus Omicron. Saat ini pemerintah fokus untuk meningkatkan vaksinasi untuk anak dan lansia.

“Ya kalau persentase kesiapan rumah sakit 100 persen, kami usahakan untuk vaksinasi anak dalam 2 minggu mencapai 100 persen juga,” ujarnya.

  • Bagikan