Hadiah Umrah dari Dr Aqua Dwipayana untuk Prajurit Bikin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari Kaget

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana IV/Diponegoro bersama Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. (Foto: Irham Thoriq/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana IV/Diponegoro bersama Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari. (Foto: Irham Thoriq/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi dari Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kali ini begitu istimewa. Sebab, dia memberikan hadiah berupa umrah untuk mengapresiasi salah satu prajurit Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Bahkan, Bakti Agus spontan menunjukkan ekspresi kagetnya saat Dr Aqua Dwipayana menyampaikan jika ada prajurit Kodam IV/Diponegoro yang mendapatkan hadiah umrah darinya. Selain itu, belasan prajurit lainnya bersama istri diberi hadiah jalan-jalan ke Bali.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Terima kasih sekali Pak Aqua untuk hadiah umrah dan jalan-jalan ke Bali yang Bapak berikan ke para prajurit saya dan istri mereka. Semua yang mendapatkan hadiah itu pasti sangat senang. Apalagi jika sebelumnya tidak pernah ke sana,” ungkap Bakti Agus.

Dr Aqua menginfokan tentang hadiah umrah itu kepada Bakti Agus pada Jumat pagi lalu (22/01/2021). Ketika itu laki-laki asal Purwokerto, Jawa Tengah, ini sedang ngobrol santai dengan para pejabat Kodam IV/Diponegoro seusai olahraga di lapangan Makodam di Semarang. Sedangkan Dr Aqua baru selesai Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan puluhan personel yang bertugas di bagian keuangan kodam dan para istri mereka.

Kepada Bakti Agus, Dr Aqua menceritakan bahwa yang beruntung mendapatkan hadiah umrah itu adalah seorang prajurit yang bertugas di Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista Sleman, Jogjakarta. Dr Aqua memberikan hadiah itu secara spontan saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Gedung Serba Guna Batalyon tersebut pada Kamis (21/01/2021).

Dr Aqua melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista sebagai bekal buat para prajurit yang pada akhir Januari 2021 ini mau tugas operasi ke perbatasan Papua dan Papua New Guinea di sektor utara. Rencananya, sebanyak 450 prajurit dari Batalyon tersebut akan dikirim ke sana.

Hadiah Umrah Apresiasi kepada Prajurit
Ketika menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di depan para prajurit dan pengurus serta anggota Persit, Dr Aqua menyinggung tentang buku super best seller “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” karyanya yang telah dicetak delapan kali sebanyak 160 ribu eksemplar. Hasil penjualannya telah membiayai umrah 124 orang yang berangkat secara bertahap sejak 2017 lalu.

“Mereka tergabung dalam rombongan umrah The Power of Silaturahim (POS) yang dipimpin Bapak Nurcholis MA Basyari. Sampai sekarang sudah tiga kali pemberangkatan, yakni POS I, II, dan III. Jumlah 124 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Jika tidak terjadi pandemi Covid-19 pada 15 April 2020 lalu seharusnya diberangkatkan umrah lagi 43 orang yang tergabung dalam rombongan umrah POS IV,” jelas Dr Aqua.

Mantan wartawan di banyak media yang baru saja menerbitkan dua buku yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas (Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana; Satu Kesamaan yang Mampu Mengalahkan Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya & Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial (Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama)” itu menambahkan, insya Allah setiap tahun terus membiayai umrah banyak orang. Sebagian di antaranya sama sekali sebelumnya tidak mengenal orangnya.

“Sebagai apresiasi saya kepada para prajurit di Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista yang sebentar lagi bertugas ke Papua, maka saya memberikan hadiah umrah ke seorang prajurit yang bertugas di Batalyon ini. Silakan Komandan Batalyon Mayor Infanteri Ade Pribadi Siregar yang menunjuk orangnya,” tegas Dr Aqua yang disambut tepuk tangan seluruh yang hadir.

Sebagian besar di antara mereka termasuk Ade Pribadi Siregar kaget. Itu terlihat dari ekspresi wajahnya. Sama sekali tidak menyangka mendapat hadiah tersebut dari Dr Aqua.

“Selama ini saya terbiasa memberikan hadiah kepada banyak orang. Wujud hadiahnya dan orang-orang yang menerimanya sesuai hati nurani. Saya yakin dengan hati yang bersih, Tuhan yang memberikan semua itu lewat saya. Jadi, saya hanya sebagai perantara saja,” jelas Dr Aqua.

Rencananya, prajurit yang terpilih itu paling cepat berangkat umrah pada 2022. Tergabung dalam rombongan umrah POS V.

Ade Pribadi Siregar menyampaikan terima kasihnya kepada Dr Aqua. Dia berjanji untuk segera memberikan nama prajurit yang terpilih berangkat umrah.

Seusai acara Sharing Komunikasi dan Motivasi, komandan Batalyon itu mengumpulkan kembali seluruh prajurit dan Persit yang hadir di acara Sharing Komunikasi dan Motivasi. Kemudian melaksanakan undian.

Terpilih Pratu Solah Safi’i yang sudah sekitar 6 tahun bertugas di Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista. Laki-laki asal Riau tersebut sehari-hari bertugas sebagai pengemudi di kompi.

Pemenang hadiah umrah dari Dr Aqua Dwipayana yaitu, Pratu Solah Safi'i dan istrinya Indriyana Pratiwi. (Foto: Irham Toriq/Tugu Jatim)
Pemenang hadiah umrah dari Dr Aqua Dwipayana yaitu, Pratu Solah Safi’i dan istrinya Indriyana Pratiwi. (Foto: Irham Toriq/Tugu Jatim)

“Saya dan istri, Indriyana Pratiwi yang sedang hamil empat bulan anak pertama kami, sangat bersyukur atas hadiah umrah tersebut. Sama sekali tidak menyangka saat diundi nama saya yang keluar,” ujar Solah penuh gembira.

Menurut Solah, ketika Dr Aqua menyampaikan akan memberi hadiah umrah, dia dalam hati langsung mengucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW. Berdoa agar mendapatkan hadiah itu.

Allah SWT mengabulkan doa Solah. Namanya keluar saat diundi. Hal itu membuatkannya sangat bersyukur dan gembira sekali.

Rencananya, hadiah umrah itu akan diambilnya setelah selesai melaksanakan tugas operasi. Waktunya pas karena di Papua sekitar 9 bulan.

Secara terpisah, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua atas hadiah umrah buat prajuritnya. Sama sekali tidak menyangka akan ada hadiah tersebut.

Sementara Bakti Agus setelah mendengarkan cerita Dr Aqua, kembali mengucapkan terima kasih. Mantan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat itu sangat mengapresiasinya.

“Pak Aqua, terima kasih atas semua yang disampaikan kepada seluruh anggota jajaran Kodam IV/Diponegoro untuk memotivasi dan memberikan pencerahan kepada mereka. Juga berbagai hadiah termasuk umrah. Semoga kinerja satuan lebih optimal di masa mendatang,” ujar Bakti Agus. (riq/ln)

  • Bagikan