Hall DPRD Kota Malang Jadi Fasilitas Umum Gratis, Awalnya Kolam Ikan yang Dibongkar

  • Bagikan
Hall DPRD Kota Malang
Hall DPRD Kota Malang jadi fasilitas umum gratis. (Foto: FEN)

MALANG – Lobby atau Hall DPRD Kota Malang akhirnya dibuka untuk masyarakat umum. Bahkan, warga yang ingin memanfaatkannya, tidak dipungut biaya sama sekali.

Barang siapa saja yang ingin menggunakan, hanya perlu mengajukan proporsal ke bagian umum. Kemudian akan di fasilitasi dengan kursi hingga sound system.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, mengatakan bahwa tercetusnya ide ini terbilang baru. Salah satu alasannya, karena permintaan dari masyarakat untuk bisa berkegiatan di Gedung DPRD sangat tinggi.

“Selama ini banyak yang minta berkegiatan di gedung paripurna. Padahal ruang paripurna itu sakral dan paling sering kami pergunakan,” papar Made. Untuk menampung permintaan-permintaan tersebut, maka dia mengubah fungsi hall.

Diapun bercerita, dulunya di tengah lantai 1 tersebut, ada sebuah kolam besar. Merasa sudah tidak layak, dia memerintahkan untuk membongkar dan menjadikannya tempat yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Dulunya kan itu kolam ikan, waktu saya dilantik saya lihat, saya sedih karena isinya cuma 2 ekor, kotor lagi. Sehingga pada saat saya ditetapkan sebagai ketua, saya perintahkan untuk membongkar agar ada space sebagai masyarakat berkegiatan,” tuturnya

Salah satu pengguna hall DPRD Kota Malang ini adalah pameran batik yang digelar oleh Kedai Seni Malangan Nareswari dalam memperingati Hari Natik Nasional, sejak Sabtu lalu (3/10/2020).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pameran Batik, Maria Karmela, dia cenderung memilih gedung DPRD sebagai lokasi pameran karena lokasinya yang strategis.

“Karena semua orang kan sudah tahu ya kalau DPRD letaknya dimana, dan banyak pegawai pemerintahan juga yang bisa menjangkau pameran ini,” jelas perempuan 40 tahun ini. (fen/zya)

  • Bagikan