Hari Pertama PPKM Darurat, Polres Batu Putar Balikkan 150 Mobil

  • Bagikan
Petugas memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara yang memasuki Kota Batu. (Foto:Sholeh/Tugu Jatim)
Petugas memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pengendara yang memasuki Kota Batu. (Foto:Sholeh/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Polres Batu bersama tim gabungan langsung melakukan penyekatan di hari pertama PPKM Darurat. Sebanyak 4 pos penyekatan telah disiapkan untuk menghalau masyarakat yang tak berkepentingan mendesak untuk masuk Kota Batu.

Keempat pos penyekatan itu berada di Pos Pendem, Pos Rest Area Bumiaji, Pos Kambal, dan Pos Kasembon. Sementara di Pos Pendem, tampak kendaraan bernomor polisi luar kota langsung diminta menunjukkan surat perjalanan.

Kendaraan dari luar Kota Batu diminta petugas putar balik  jika tak bisa menunjukkan surat kelengkapan syarat perjalanan. (Foto:Sholeh/Tugu Jatim)
Kendaraan dari luar Kota Batu diminta petugas putar balik jika tak bisa menunjukkan surat kelengkapan syarat perjalanan. (Foto:Sholeh/Tugu Jatim)

“Penyekatan pada PPKM Darurat ini, kami laksanakan untuk yang bepergian menuju Kota Batu diminta minimal rapid antigen atau swab PCR-nya,” ujar Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo Sabtu (03/07/2021).

Menurut Catur, penyekatan ini dilakukan dengan dasar instruksi satgas Covid-19. Salah satu aturannya, pelaku perjalanan antar kota wajib minimal menunjukkan surat antigen.

“Yang tak bisa menunjukkan surat itu akan kami suruh putar balik. Ini juga langsung kami suruh putar balik bagi yang datang dari luar kota tanpa bisa menunjukkan surat perjalanan,” jelasnya.

Suasana PPKM Darurat hari pertama di Kota Batu, Sabtu (03/07/2021). (Foto:Sholeh/Tugu Jatim)
Suasana PPKM Darurat hari pertama di Kota Batu, Sabtu (03/07/2021). (Foto:Sholeh/Tugu Jatim)

Catur mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penyekatan serupa selama berjalannya kebijakan PPKM Darurat. Dia pun mengimbau masyarakat yang tak berkepentingan mendesak agar tak melakukan perjalanan ke Kota Batu.

“Kami juga berencana akan siapkan rapid antigen. Karena hari ini (03/07/2021) hari pertama, jadi masih butuh persiapan. Sehingga pelaksanaanya bertahap karena ketersediaan tenaga kesehatan memang kami fokuskan di vaksinasi,” paparnya.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani menambahkan, pelaksanaan penyekatan di Kota Batu memang ada 4 titik. Namun, pada hari pertama PPKM Darurat ini lebih difokuskan di Pos Pendem.

“Ini tadi sekitar 150 mobil kami suruh putar balik. Itu dalam kisaran waktu 90 menit yang lalu,” ucapnya.

 

  • Bagikan