Haul Bung Karno, Wartawan Era 60an Oei Hiem Hwie Akan Bercerita Keintimannya dengan sang Proklamator

Haul Bung Karno, Wartawan Era 60an Oei Hiem Hwie Akan Bercerita Keintimannya dengan sang Proklamator

  • Bagikan
Famflet acara haul Bung Karno.
Famflet acara haul Bung Karno. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Haul Hybrid Bung Karno yang akan digelar di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) pada Kamis 30 Juni 2022 akan menghadirkan cerita yang sangat intim, yaitu antara wartawan era 60an, Oei Hiem Hwie dengan sang proklamator.

Oei Hiem Hwie memang begitu “dekat” dengan Bung Karno. Kedekatan itu terlihat dari gambar-gambar Bung Karno yang sangat dominan memenuhi dinding-dinging perpustakaan yang didirikannya, yaitu Perpustakaan Medayu Agung di Surabaya. Selain itu, dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan sejarah Soekarno juga masih disimpannya.

Pak Oei, sapaan akrabnya, mengaku dekat dengan Bung Karno. Karena saat itu, dia merupakan wartawan koran Terompet Masjarakat. Di awal karirnya, Pak Oei mendapat tugas khusus “menempel” Bung Karno.

“Awal karir jadi wartawan, saya ditugaskan untuk wawancarai Bung Karno. Karena Terompet Masjarakat itu corongnya masyarakat, kami harus berani bertemu orang-orang penting di jaman itu,” terang pria kelahiran Malang ini.

Di masa itu, Pak Oei seringkali diajak diskusi oleh Bung Karno. Tidak jarang pula dia diajak minum kopi oleh Bung Karno. Dia merasa bangga dan terhormat bisa begitu dekat dengan pejuang kemerdekaan itu. Apalagi, dirinya pernah mendapatkan hadiah jam tangan dari Bung Karno saat bertugas liputan.

“Saya sangat senang dan berterima kasih, Tugu Media bisa memberi ruang untuk pemikiran-pemikiran Bung Karno. Banyak cerita saya tentang beliau, termasuk cerita pahit saya dalam perjalanan di masa itu,” tuturnya.

Pak Oei akan bercerita banyak dan lengkap di Haul Hybrid Bung Karno yang digelar di Unikama, Kamis 30 Juni 2022. Tema yang diusung yang Merawat Pemikiran Bung Karno “Menapaki Jejak Perjuangan Putra Sang Fajar”. Bagi Anda yang ingin bergabung, silakan mendaftarkan diri di laman ini (klik laman) atau hubungi kontak Ketua Pelaksana atas nama Fajrus di nomor 08563616435.

Ucapan terimakasih kepada para sponsor: PT Foxstar International, Golden Playwood, OJK Malang. Didukung oleh: Grand Mercure Mirama, Perumda Tugu Tirta, Bus Bagong, Jawa Timur Park (JTP), dan BPJS Ketenagakerjaan


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan