News  

Hujan Deras Bikin 14 Pohon Tumbang, 1 Rumah di Kepanjen Malang Rusak Berat

Pohon tumbang. (Foto: BPBD Kabupaten Malang/Tugu Jatim)
Pohon tumbang di wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (07/11/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Bencana pohon tumbang terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (07/11/2022). Rinciannya, sembilan pohon tumbang di Desa Panggungrejo, empat pohon di Desa Mangunrejo, dan satu pohon di Kelurahan Cepokomulyo.

Bencana pohon tumbang ini membuat empat rumah di Desa Panggungrejo rusak ringan dan satu rumah di Desa Mangunrejo rusak berat. Selain itu, ada dua kios di Desa Mangunrejo yang rusak berat dan satu sekolah di Kelurahan Cepokomulyo rusak ringan.

“Pohon tumbang juga mengakibatkan tiga akses jalan raya tertutup,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan.

Pohon tumbang. (Foto: BPBD Kabupaten Malang/Tugu Jatim)
Petugas BPBD Kabupaten Malang mengevakuasi pohon tumbang di wilayah Kecamatan Kepanjen, Senin (07/11/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Malang)

Dia melanjutkan, pihak BPBD Kabupaten Malang beserta relawan dari berbagai instansi telah berupaya membersihkan material pohon tumbang. Pada pukul 19.00 dilaporkan pembersihan telah selesai dilakukan dan akses jalan kembali lancar.

“Pembersihan material pohon tumbang telah selesai, arus lalu lintas kembali lancar,” kata Sadono.

Untuk pembersihan material pohon yang menimpa rumah di Desa Mangunrejo juga telah selesai dilakukan. Namun, rumah tersebut tidak dapat dihuni karena mengalami rusak berat.

“Saat ini pemilik rumah mengungsi ke rumah saudara,” ujar Sadono.