Hujan Deras, Sungai Konto Kediri Memakan Satu Orang Korban

  • Bagikan
Aliran Sungai Konto , Kediri yang begitu deras dan akhirnya menyeret sopir truk yang hendak menyeberang dengan motor. (Foto: Rino Hayyu/Tugu Jatim)
Aliran Sungai Konto , Kediri yang begitu deras dan akhirnya menyeret sopir truk yang hendak menyeberang dengan motor. (Foto: Rino Hayyu/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim – Hujan deras Rabu (3/2/2021) sore lalu, membuat Sungai Konto di Kabupaten Kediri mengalami peningkatan volume air. Bahkan, mengakibatkan satu sopir beckhoe terseret arus deras sungai. Sampai Kamis (4/1/2021) siang, pencarian terhadap korban masih dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, kejadian ini berawal ketika korban yang belum diketahui identitasnya tersebut, hendak menyebrangi sungai dengan motor.

“Mulanya mungkin belum deras alirannya, lalu datang belum tahu medannya seperti apa kali Konto, kan orang Surabaya itu,” terang Slamet.

Ia menerangkan bahwa terseretnya sopir tersebut merupakan kejadian pertama di 2021 di Sungai Konto. Tapi, memang diketahui sungai tersebut selalu deras ketika hujan deras. Disinyalir, aliran air tersebut kiriman dari DAM Selorejo, Ngantang, Kabupaten Malang, dan aliran lahar Gunung Kelud.

Selain itu, Slamet menambahkan bahwa saat ini tim BPBD Kabupaten Kediri bersama relawan masih menunggu Basarnas dari Trenggalek untuk melakukan pencarian korban.

“Ini kami masih dengan relawan dan BPBD menunggu Basarnas juga,” ungkapnya.

Sungai Konto diketahui terakhir mengalami meluap pada 2014 silam. Karena aliran lahar dingin pasca Gunung Kelud meletus pada 13 Februari 2021. Tak hanya itu, bibir Sungai Konto memang diketahui untuk mencari tambang pasir warga. Kini, bibir sungai sungai itu masih terendam air bah tersebut. (noe/gg)

  • Bagikan