News  

Human Initiative dan PT Paragon Beri Bantuan “Rumah Senyum” pada Korban Gempa Malang

Manajer CSR Partnership Human Initiative (HI) Pusat, Langga Pratama ketika meresmikan program Rumah Senyum di Kabupaten Malang, Jumat (8/10/2021). (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Manajer CSR Partnership Human Initiative (HI) Pusat, Langga Pratama ketika meresmikan program Rumah Senyum di Kabupaten Malang, Jumat (8/10/2021). (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Bencana gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang mengguncang Malang dan beberapa wilayah di Jawa Timur pada 10 April 2021 lalu memang telah berlalu. Namun, tak jarang masih dijumpai rumah-rumah di daerah Kabupaten Malang seperti Dampit, Tirtoyudo, dan Ampelgading masih rusak dan belum dibangun kembali.

Melihat kondisi tersebut, Human Initiative bersama PT Paragon Technology and Innovation berinisiatif membuat program Rumah Senyum untuk membangunkan rumah bagi warga terdampak Gempa Malang.

“Dalam hal ini kita sering memberikan bantuan korban bencana bersama berbagai pendonor dana, kali ini kita bersama PT Paragon Technology and Innovation. Jadi sebagai bentuk kepedulian dari hasil assessment dimana kemarin banyak rumah yang ambruk. Dan sesuai dengan nama programnya yaitu Rumah Senyum, kita ingin memberi senyuman kepada para korban terdampak,” terang Langga Pratama CMKS, Manajer CSR Partnership Human Initiative (HI) Pusat saat meresmikan program Rumah Senyum di Dusun Tawangsari RT29 RW11, Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jumat (08/10/2021).

Pria yang akrab disapa Langga ini mengatakan bahwa rumah ini bisa terbangun berkat support dari PT Paragon. Di mana ada 13 rumah yang sudah berdiri, rinciannya adalah 10 di Malang dan 3 rumah di Lumajang.

“Dari 10 itu ada 6 rumah di Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Dan untuk rumah yang diberikan bantuan tentunya adalah yang rusak berat mulai dari rumahnya yang retak banyak sampai ambruk besar,” jelasnya.

“Untuk warga yang rumahnya rusak akibat gempa Malang, biasanya dari HI yang akan melakukan pendataan. Kalau sudah ada datanya kita akan salurkan pada perusahaan pendonor untuk nantinya dikerjasamakan,” sambungnya.

Ia juga berpesan kepada warga yang terdampak Gempa Malang agar selalu tegar dalam menjalani hidup.

“Memang bencana ini tidak diharapkan di manapun, tapi kita perlu siap menghadapi bencana di manapun. Untuk bapak/ibu di sini tetap semangat menjalani hari dan apapun kebutuhan yang dibutuhkan bisa terbantu,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Branch Controller PT Paragon Malang, Alvin Adam Arifin mengatakan bahwa alasan PT Paragon Technology and Innovation memberikan bantuan adalah karena Paragon memiliki salah satu nilai tentang kepedulian. Jadi nilai kepedulian ini diterjemahkan menjadi banyak kegiatan yang salah satunya adalah tanggap bencana.

“Dalam penyalurannya kita benar-benar ingin tepat sasaran, makanya kita berkoordinasi dengan HI yang memiliki pengembang dalan inisiative of disaster. Dan hari ini adalah salah satu bentuk kegiatan CSR kita,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa ini menjadi kesempatan yang sangat berharga karena kita bisa tahu secara langsung terkait apa yang masyarakat sangat butuhkan saat ini.

“Ini juga bisa menjadi masukan untuk rencana di tahun-tahun yang akan datang. Ini bisa menjadi latar belakang kenapa kita membuat program ini, sehingga bisa menjadi program lanjutan dari rumah senyum ini,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa PT Paragon Technology and Innovation tidak hanya aktif dalam kegiatan kebencanaan saja.

“Ini hanya salah satunya. Kita juga mendukung kesehatan dan pendidikan bangsa mulai dari pemberdayaan, penyuluhan hungga pembinaan,” imbuhnya.

Sukarmi, warga yang mendapat bantuan program Rumah Senyum dari Human Initiative dan PT Paragon Technology and Innovation. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Sukarmi, warga yang mendapat bantuan program Rumah Senyum dari Human Initiative dan PT Paragon Technology and Innovation. (Foto: Rizal Adhi/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Dalam kesempatan tersebut, salah satu perwakilan warga penerima Rumah Senyum, Sukarmi mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Paragon Technology and Innovation dan Human Initiative yang sudah membangun rumahnya.

“Saya mewakili saudara-saudara yang tertimpa bencana khususnya dari RT29 mengucapkan terima kasih kepada PT Paragon dan HI atas bantuan Rumah Senyum. Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali,” tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini warga terdampak Gempa Malang sangat membutuhkan bantuan air bersih.

“Kepada PT Paragon kami juga memohon bantuannya berupa air. Karena kami di sini kesulitan air,” tutupnya. (Ads)