HUT RI ke-76, Wali Kota Batu Beri Insentif 132 Legiun Veteran - Tugujatim.id

HUT RI ke-76, Wali Kota Batu Beri Insentif 132 Legiun Veteran

  • Bagikan
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan insentif kepada Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Handri Israwan usai upacara HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021). (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim) veteran
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat memberikan insentif kepada Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Handri Israwan usai upacara HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021). (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Momen hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 dimanfaatkan Wali Kota Batu untuk memberi penghormatan atas jasa para pejuang. Salah satunya dengan memberikan insentif kepada para veteran yang masih hidup. Insentif diberikan usai upacara kemerdekaan di halaman Balai Kota Among Tani, Selasa (17/8/2021).

Pemberian insentif diberikan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko secara simbolis kepada Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Handri Israwan. Insentif akan diberikan kepada 35 veteran dan 97 janda veteran.

Dewanti mengatakan, insentif ini diberikan setiap tahunnya, di momen-momen spesial seperti HUT RI, HUT Kota Batu, Hari Veteran dan Hari Pahlawan. Masing-masinh momen, para veteran ini mendapat insentif Rp 1 juta per orang.

”Kami selalu memberikan insentif ini di hari-hari itu sebagai tanda penghormatan negara atas jasa para pejuang,” ucap Dewanti.

Pemberian insentif ini sudah dilakukan sejak 2017 silam, sejak era kepemimpinan Wali Kota Pertama Eddy Rumpoko.

“Indonesia bisa merdeka karena tak lain berkat jasa pahlawan terdahulu yang terus berjuang untuk NKRI. Maka jangan dilupakan,” tegas Dewanti.

Terpisah, Ketua LVRI Kota Batu Handri Israwan menuturkan rasa bangga dan terima kasih atas perhatian yang diberikan. Menurut dia, langkah ini perlu dicontoh daerah lain.

”Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan, semoga hal ini bisa dicontoh di daetah lain,” ucapnya.

Selain insentif, Pemkot Batu juga membangun 8 rumah bagi para veteran yang tidak memiliki rumah. Rumah berstatus hak pakai ini juga sudah dibangun sejak 2017 dan bertempat di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Sementara itu, dalam upacara HUT RI ke-76 ini, Dewanti berpesan bahwa peringatan HUT Ri di tengah pandemi untuk kedua kalinya ini menjadi momentum untuk kembali bangkit menghadapi pandemi Covid-19.

Kata dia, bisa dilakukan dengan cara paling mudah yaitu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mulai memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, menghindari kerumunan.

  • Bagikan