News  

Ibu-ibu di Bangil Pasuruan Gelar Upacara HUT RI ke-77 di Tengah Sawah

Suasana upacara HUT ke 77 RI di tengah sawah Dusun Masangan, Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.
Suasana upacara HUT ke 77 RI di tengah sawah Dusun Masangan, Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. (Foto: Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – Suasana unik dan berbeda terlihat pada prosesi upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang dilakukan di Dusun Masangan, Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Biasanya upacara digelar di tengah lapangan, namun kali ini warga Dusun Masangan menggelar upacara di tengah sawah pada Rabu (17/08/2022).

Puluhan warga yang didominasi ibu-ibu beserta anak-anak ini pun tampak hikmat meskipun harus berdiri kubangan lumpur. Mereka tampak berpakaian sederhana layaknya petani lengkap dengan topi capingnya.

Salah satu warga, Muslimin, mengaku bahwa upacara kali ini sengaja digelar berbeda di atas sawah karena sebagian besar warga berprofesi sebagai petani.

Selain upacara, berbagai lomba termasuk panjat pinang juga digelar di tengah sawah dusun Masangan, Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.
Selain upacara, berbagai lomba termasuk panjat pinang juga digelar di tengah sawah dusun Masangan, Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. (Foto: Mahfud/Tugu Jatim)

Selain itu, warga juga antusias menggelar berbagai lomba di tengah sawah. Mulai dari panjat pinang, tarik-tambang, hingga sepak bola di sawah.

“Warga sudah kangen dua tahunan tidak gelar lomba,” ujar Muslimin.

Muslimin menjelaskan jika lomba yang digelar di desanya ini dibuka untuk umum. Warga dari dusun-dusun lain diperbolehkan ikut dengan tujuan menjaga hubungan baik dan silaturahmi.

“Yang paling seru panjat pinang. Kalau bisa manjat sampai atas bisa dapat uang tunai,” ungkapnya.

Di tengah kemeriahan upacara dan lomba di desa Masangan, hadir pula Ketua DPRD Kabupaten, Sudiono Fauzan.
Pria yang akrab disapa Dion ini sangat mengapresiasi ide kreatif warganya yang merayakan kemerdekaan dengan cara yang unik.

“Lomba di Desa Masangan ini sangat meriah, lomba tradisionalnya diadakan di tengah sawah,” pungkasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim