Imlek 2572, Kelenteng Eng An Kiong Malang Tiadakan Barongsai - Tugujatim.id

Imlek 2572, Kelenteng Eng An Kiong Malang Tiadakan Barongsai

  • Bagikan
Jemaah umat Konghucu saat bersembahyang di Kelenteng Eng An Kiong, Kota Malang. (Foto : Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Jemaah umat Konghucu saat bersembahyang di Kelenteng Eng An Kiong, Kota Malang. (Foto : Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kelenteng Eng An Kiong di Kota Malang dipastikan tidak akan menggelar pertunjukan barongsai pada Tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh pada Jumat (12/2/2021) besok. Hal tersebut dilakukan agar wabah COVID-19 tidak menyebar saat pertunjukkan barongsai yang dipastikan bakal mengundang banyak orang.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Agama Konghucu Kota Malang, Halim Tobing. DI mana ia menyatakan bahwa Tahun Baru Imlek 2572 kali ini akan dirayakan dengan sederhana tanpa ada pertunjukan barongsai yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

”Nanti hanya akan ada prosesi upacara sembahyang yang diikuti pengurus inti saja. Jumlahnnya kurang lebih 20-30 orang. Kami patuhi aturan prokes,” ungkapnya pada awak media ditemui di Kelenteng Eng An Kiong, Kamis (11/2/2021).

Tak Ada Barongsai, Diganti Kegiatan Bakti Sosial

Sebagai penggantinya, pihaknya akan menggelar kegiatan bakti sosial untuk korban bencana alam yang nantinya akan disalurkan melalui TNI. Lalu, untuk kegiatan sembahyang juga disarankan untuk beribadah di rumah saja, sesuai anjuran pemerintah.

”Kita tetap mengikuti imbauan dari pemerintah sekaligus sebagai tindakan preventif dari pribadi kita masing-masing. Lebih amannya kita rayakan secara virtual,” terang dia.

Dia berpesan agar seluruh umat Konghucu di Kota Malang maklum dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19 agar badai pandemi ini segera berlalu.

“Dengan begitu semua roda kehidupan, dan juga perekonomian serta silaturahmi bisa kembali lagi dan berjalan normal seperti sedia kala,” pungkasnya. (azm/gg)

  • Bagikan