TULUNGAGUNG, Tugujatim.id – UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung memberikan apresiasi atas Indeks Kepuasan Haji Indonesia 2024 yang mengalami kenaikan. Jamaah haji Indonesia pun merasa puas dengan layanan yang diberikan pemerintah.
Pernyataan ini berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) tentang Indeks Kepuasan Haji Indonesia 2024. Hasil survei, para jamaah menyatakan sangat memuaskan.
Direktur Sistem Informasi Statistik BPS Joko Parmiyanto saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (18/09/2024), mengatakan, hasil survei BPS, indeks kepuasan haji 2024 naik dari tahun sebelumnya, yakni mencapai angka 88,2. Pada 2023, levelnya 85,83.
“Indeks yang kami dapatkan tahun ini 88,2. Dengan metodologi yang kami gunakan, indeks di atas 85 sudah masuk dalam kategori sangat memuaskan,” ujar Joko Parmiyanto di Jakarta, Jumat (20/09/2024) mengutip kompas.com.
Baca Juga: Penyusutan Data Pemilih di Tuban, DPT Pilkada 2024 Turun Ribuan dari DPS
Joko menjelaskan, kategori tersebut menunjukkan layanan haji yang diberikan pada jamaah mencapai tingkat kepuasan tinggi. Proses survei, Joko mengatakan, petugas BPS menerjunkan tim ke Arab Saudi untuk bertemu langsung jamaah haji. Survei ini mencakup berbagai aspek layanan, termasuk akomodasi, transportasi, serta pelayanan kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji.
Berdasarkan survei BPS, sebagian besar jamaah haji Indonesia terdiri dari perempuan dan memiliki tingkat pendidikan tinggi (D4, S1 dan di atasnya) dengan 37,07 persen. Selain itu, banyak jamaah yang berusia di atas 60 tahun, yang menjadi tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan haji.
Joko mengatakan, kebanyakan jamaah berusia lebih dari 60 tahun ini jadi tantangan tersendiri dalam pelayanan haji, terutama dari segi kesehatan dan mobilitas.
“Dari tahun ke tahun, indeks ini memang fluktuatif. Ada saat-saat di mana kepuasan meningkat dan ada juga saat-saat menurun. Tapi tahun ini, dengan angka 88,2, kami berada di level sangat memuaskan,” pungkas Joko.
UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Apresiasi Indeks Kepuasan Haji Indonesia yang Meningkat
Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Prof Dr H Abd Aziz MPdI menyampaikan apresiasi atas pencapaian tersebut. Menurut dia, hasil positif ini merupakan bukti nyata kerja keras Kementerian Agama, khususnya di bawah kepemimpinan Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas.
“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas dan seluruh jajaran Kementerian Agama atas pencapaian luar biasa ini. Kenaikan indeks kepuasan jamaah haji tahun ini menjadi bukti bahwa penyelenggaraan ibadah haji semakin baik dari tahun ke tahun,” ujarnya.
Dia juga berharap agar penyelenggaraan haji di tahun mendatang bisa terus meningkat, baik dari segi kualitas maupun layanan kepada jamaah.
Baca Juga: Laskar Joko Samudro Siap Tampil Habis-habisan, Rans Nusantara FC Tantang Mental Baja di Liga 2
“Kami berharap pelaksanaan ibadah haji tahun depan semakin optimal sehingga indeks kepuasan jamaah haji 2025 dapat meningkat lebih tinggi lagi,” tambahnya.
Dia mengatakan, semoga Kementerian Agama RI terus berinovasi dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jamaah haji Indonesia. Prestasi ini tentunya menjadi motivasi untuk memperbaiki berbagai aspek pelayanan ke depannya sehingga seluruh umat Islam yang melaksanakan ibadah haji dapat beribadah dengan khusyuk dan nyaman. (adv)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Editor: Dwi Lindawati