Indonesia Bebas Sampah Tahun 2025, Misi Malang Future Generation

Indonesia Bebas Sampah Tahun 2025, Misi Malang Future Generation

  • Bagikan
Kegiatan Webinar Malang Future Generation yang telah dilaksanakan/tugu jatim
Kegiatan Webinar Malang Future Generation yang telah dilaksanakan. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id -Indonesia bebas sampah tahun 2025 adalah satu misi Malang Future Generation (MFG). Sebagai gerakan pemuda pecinta lingkungan, MFG sangat mendukung program Indonesia tanpa sampah. Untuk itu, para anak muda yang tergabung di dalamnya siap melakukan aksi untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Zohra Nasiru, Koordinator Public Relation MFG menjelaskan bahwa MFG mengagendakan 3 rangkaian acara. Di antaranya, webinar MFG pada 25 September 2021, Focus Group Discusion pada 9 Oktober 2021 terkait permasalahan sampah di Kota Malang dan aksi yang dapat dilakukan.

“Kemudian MFG akan melakukan aksi nyata di akhir Oktober 2021 bersama komunitas bergerak bersama untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Malang,” ujarnya, Kamis (7/10/2021).

Sementara itu, Zadhia Schweizer’s, Koordinator Divisi Acara MFG menambahkan bahwa MFG yang diinisiasi oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Lingkungan (KMTL) itu akan menjadi wadah bagi komunitas maupun lembaga kemahasiswaan di Kota Malang dalam mendukung Indonesia Bebas Sampah 2025.

“Gerakan ini tentu untuk mendukung Indonesia Bebas Sampah 2025 yang dimulai dari Kota Malang. Kita juga ada beberapa hal yang akan kita lakukan dengan komunitas dan lembaga kemahasiswaan,” jelasnya.

Mya Rahmi, Koordinator Substance & Research MFG mengatakan bahwa MFG yang terdiri dari 12 komunitas dan 12 lembaga kemahasiswaan di Kota Malang itu juga berencana mengagendakan kegiatan audiensi dengan Pemerintah Kota Malang.

“Kami ingin melakukan aksi dengan pendekatan bottom up yaitu dengan beraudiensi dengan pemerintah, agar pemerintah dapat melakukan pendekatan top down yaitu dengan cara mengeluarkan regulasi mengenai persampahan. Namun kami sadar itu tidak mudah untuk dilakukan. Sehingga untuk saat ini kami fokus melakukan pengumpulan data-data dan aksi nyata terkait permasalahan sampah sebelum audiensi dengan pemerintah,” paparnya.

“Dengan audiensi itu kami berharap nantinya bisa membentuk aturan baru yang lebih mengikat dan bisa diterapkan di Kota Malang sehingga terwujud Malang yang lebih bersih dan Indonesia Bebas Sampah 2025 itu terlaksana,” imbuhnya.

  • Bagikan