Ingin Cek Kesehatan Mental secara Gratis bersama Psikolog? Ikuti 3 Layanan Ini... - Tugujatim.id

Ingin Cek Kesehatan Mental secara Gratis bersama Psikolog? Ikuti 3 Layanan Ini…

  • Bagikan
Ilustrasi mental health. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi mental health. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Isu kesehatan mental baru-baru ini sedang ramai dibicarakan di kalangan masyarakat, khususnya anak muda. Banyak yang mengkaitkan isu kesehatan mental dengan pandemi Covid-19. Sebab, beberapa orang dikatakan merasa bosan dan penat dengan keadaan yang mengharuskan untuk terus menerus berada di dalam rumah. Meski sudah satu tahun semenjak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, nyatanya keadaan belum kembali normal sepenuhnya.

Semenjak itu pula banyak orang yang merasa membutuhkan para profesional untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental yang dialaminya, tapi tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Nah, berikut ini rekomendasi 3 layanan gratis untuk konseling dengan psikolog.

1. Sahabatku

Salah satu aplikasi yang dapat Anda unduh melalui Google Play Store. Selain untuk keperluan konseling, Anda juga dapat berdiskusi dengan psikolog tentang pengembangan diri, khususnya bagi Anda para remaja. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang aplikasi ini, Anda dapat mengunjungi Instagram mereka di @sahabatku_app.

2. Berbagi Cerita

Berbeda dengan sebelumnya, berbagi cerita tersedia dalam 3 platform, yaitu Line, Instagram, dan Google Meet. Anda dipersilakan untuk mendaftar terlebih dulu dan menentukan tanggal serta waktu untuk melakukan konseling. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi Instagram mereka pada akun @_berbagicerita.id.

3. Layanan Sejiwa

Berikutnya merupakan salah satu layanan yang dimiliki langsung oleh Himpunan Psikologi Indonesia. Untuk mendapatkan layanan konseling ini, Anda dapat langsung menelepon ke nomor 119, lalu menggunakan ext. 8 dan ikuti instruksi yang diberikan. Anda dapat menggunakan telepon rumah ataupun telepon seluler dengan nomor Telkomsel. Selengkapnya Anda dapat mengunjungi Instagram @himpsipusat.

Nah, itu dia beberapa layanan gratis yang dapat Anda gunakan jika ingin melalukan konseling dengan psikolog. Di masa pandemi ini Anda harus selalu menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan