Ingin Tidur Lebih Cepat? Ini Tipnya... - Tugujatim.id

Ingin Tidur Lebih Cepat? Ini Tipnya…

  • Bagikan
Istirahat dengan tidur bisa mengembalikan energi untuk beraktivitas. (Ilustrasi: Pixabay/Tugu Jatim)
Istirahat dengan tidur bisa mengembalikan energi untuk beraktivitas. (Ilustrasi: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id –  Setiap orang membutuhkan istirahat agar tubuh dan pikiran kembali segar. Dan tidur adalah salah satu istirahat terbaik bagi tubuh untuk mengembalikan energi sehingga seseorang siap menjalankan aktivitas keesokanharinya. Tapi, apakah Anda bisa tidur tepat waktu agar tubuh semakin rileks?

Mungkin sebagian dari Anda sering mengalami gangguan tidur saat tiap malam hari. Ketika tubuh merasa sangat lelah, tapi kantuk tak kunjung tiba, pasti ini bisa membuat Anda terganggu.

Nah, Tugujatim mengumpulkan beberapa tip agar Anda tidur lebih cepat. Barangkali salah satu cara ini bikin Anda lebih produktif setelah bangun tidur.

1. Mematikan Perangkat Elektronik
Secara tak sadar, kita sering kali terlalu kecanduan dengan gawai di mana pun dan kapan pun, bahkan ketika hendak tidur. Terkadang sudah mengumpulkan niat untuk tidur, alhasil malah men-scroll media sosial.

Penggunaan gawai elektronik akan membuat otak terus terjaga sehingga akan membuat semakin sulit untuk beristirahat. Karena itu, sebaiknya mulai tinggalkan gawai Anda sekitar satu jam sebelum tidur agar bisa terlelap dengan cepat.

2. Makan dan Minum Berkarbohidrat Tinggi

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi merupakan salah satu cara yang sangat efektif agar cepat tidur. Caranya yaitu Anda hanya perlu mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup beberapa jam sebelum tidur. Cara ini dinilai manjur karena karbohidrat dapat mendorong produksi hormon tryptophan yang bisa membuat Anda cepat mengantuk.

3. Persiapkan Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Menyiapkan tempat tidur yang nyaman dapat mempengaruhi refleksi pikiran. Tempat tidur yang kurang tepat membuat gangguan saat tidur.

4. Membaca Buku sebelum Tidur

Membaca buku kapan pun waktunya, sering kali membuat kita lebih cepat mengantuk, bahkan meskipun baru membaca beberapa lembar saja. Hal tersebut bisa dibuat siasat agar kita cepat tidur.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat mengakibatkan tubuh rileks setelah beraktivitas seharian. Dengan tubuh yang rileks mempermudah kita untuk tidur, selain itu dengan mandi air hangat dapat membersihkan kotoran yang masih menempel. (AgusSet/ln)

  • Bagikan