Inilah 3 Destinasi Wisata Kota Batu yang Boleh Beroperasional - Tugujatim.id

Inilah 3 Destinasi Wisata Kota Batu yang Boleh Beroperasional

  • Bagikan
Selecta, destinasi wisata di Kota Batu yang boleh beroperasional saat PPKM Level 3.(Foto: Selecta/Tugu Jatim)
Selecta, destinasi wisata di Kota Batu yang boleh beroperasional saat PPKM Level 3.(Foto: Selecta)

MALANG, Tugujatim.id – Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan akan melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata meski statusnya masih PPKM Level 3. Dari 20 tempat wisata itu, 3 di antaranya adalah destinasi wisata di Kota Batu.

Tiga tempat wisata itu adalah Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular (BNS). Hal ini sudah disampaikan Menko Marves saat Rapat Koordinasi PPKM Jawa-Bali secara virtual pada Selasa malam (07/09/2021).

Diketahui, ada 4 tempat wisata di Jawa Timur yang direkomendasikan untuk menjalani uji coba oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tiga tempat wisata dari Kota Batu dan 1 tempat wisata lain itu adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Usai rekomendasi ini terbit, Pemkot Batu juga telah menerbitkan SE Wali Kota Batu Nomor 440/11/SE/422/104/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Covid-19 di Kota Batu.

Museum Satwa Jatim Park 2, salah satu destinasi wisata yang mendapat rekomendasi uji coba pembukaan meski masih PPKM Level 3. (Foto:M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Museum Satwa Jatim Park 2, salah satu destinasi wisata yang mendapat rekomendasi uji coba pembukaan meski masih PPKM Level 3. (Foto:M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, nantinya dalam uji coba ini, tempat wisata akan diuji coba mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi dan juga sistem protokol kesehatan (prokes) ketat. Soal ini nanti akan diatur oleh Kemenparekraf.

”Dengan aplikasi PeduliLindungi ini tujuannya sebagai skrining mana-mana pengunjung yang sudah vaksin atau belum. Tak hanya pengunjung, tapi juga pegawai,” ungkap Dewanti, Rabu (08/09/2021).

Tak hanya itu, dalam SE yang dikeluarkan ini akan mengatur batasan usia maksimal pengunjung yang masuk. Yakni, usia rentan pada kelompok usia di bawah 12 tahun dan lansia.

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata di Kota Batu memang sudah disiapkan dan difasilitasi oleh dinas pariwisata agar bisa mendapat rekomendasi dari Kemenparekraf untuk bisa beroperasi setelah 2 bulan ini tutup.

Selama tak bisa beroperasi, banyak pelaku wisata merugi. Dengan adanya izin ini membuat 3 tempat wisata di Kota Batu menarik napas lega. Seperti dikatakan Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Sujud Hariadi, kini pihaknya tinggal menunggu hasil visitasi pemerintah pusat.

Jauh sebelum ini, pihaknya pun telah mengajukan QR Code ke Dinas Pariwisata Kota Batu. Selain itu, Selecta juga telah mengantongi sertifikasi CHSE dan capaian vaksinasi seluruh karyawan.

”Kami berharap uji coba pembukaan tempat wisata ini sudah bisa dilakukan minggu ini,” harapnya.

  • Bagikan