Inilah 5 Kampus Terbaik di Jawa Timur Menurut Peringkat Webometric 2021 - Tugujatim.id

Inilah 5 Kampus Terbaik di Jawa Timur Menurut Peringkat Webometric 2021

  • Bagikan
Gedung rektorat kampus ITS, Surabaya. (Foto: Dokumen ITS) kampus terbaik di jawa timurtugu jatim
Gedung rektorat kampus ITS, Surabaya. (Foto: Dokumen ITS)

Tugujatim.id – Setiap dari kita yang selesai menjalani jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) pasti ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Satu (S-1) di kampus terbaik yang ada di Jawa Timur. Mengingat, Webometrics baru saja merilis daftar kampus terbaik di dunia, ternyata sekian kampus yang ada di Jawa Timur juga masuk dalam peringkat yang bisa disebut luar biasa bagus, dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain di dunia.

Webometrics Ranking of World Universities 2021 mempublikasikan deretan peringkat kampus yang sudah Tugu Jatim rangkum dalam daftar 5 kampus terbaik di Jawa Timur. Pada tahun ini Webometrics mempunyai list 31.000 perguruan tinggi dari 200 negara yang ikut dalam perhitungan peringkat kampus terbaik kelas dunia tersebut. Kampus mana saja itu? Apakah ada kampus favorit dan impian kalian? Coba simak artikel ini sampai selesai!

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Kampus yang berlokasi di Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya itu masuk dalam jajaran kampus terbaik di dunia dan di Jawa Timur versi Webonetrics. ITS Surabaya memeroleh peringkat dunia pada urutan 1089 dari 31.000 kampus yang ada di 200 negara lebih. Memiliki ‘impact rank’ 930, ‘opennes rank’ 1063 dan ‘excellence rank’ 1729. Tempo waktu, ITS Surabaya berhasil menemukan alat screening COVID-19 bernama i-nose c-19 yang potensial dipakai untuk mendeteksi COVID-19 dengan efektif. Kalian ingin kuliah di kampus ini? Siapa aja coba? Tulis di kolom komentar!

2. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya

Kamu tahu Unair? Pasti tahu ya! Iya betul, Unair masuk dalam daftar kampus terbaik dunia dan Jawa Timur menurut Webometrics. Duduk di peringkat dunia 1322 dari 31.000 kampus dari 200 negara lebih. Untuk ‘impact rank’ ada di kisaran 1100, ‘opennes rank’ 971, ‘excellence rank’ memeroleh 2245. Mempunyai akreditasi kampus A, lokasi di Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya. Jumlah dosen tetap periode 2019/2020 ada 1. 729, sedang total mahasiswa ada 35.790 orang. Banyak sekali ya? Siapa yang impiannya berkuliah di Unair Surabaya?

3. Universitas Jember (Unej)

Semua kawan-kawan pasti tidak asing dengan Universitas Jember (Unej). Kampus yang satu ini sangat luas, banyak pohon-pohon rindang yang membuat udara makin sejuk. Unej masuk dalam daftar kampus terbaik di dunia dan Jawa Timur menurut Webometrics. Mempunyai peringkat dunia di angka 2053, ‘impact rank’ 1427, ‘opennes rank’ 1363, ‘exellence rank’ 3688. Kampus Unej ada di kompleks Tegalboto, Kecamatan Sumbersari, Jember. Dengan dosen tetap 2019/2020 berjumlah 1202, jumlah mahasiswa 34.463. Jember merupakan salah satu lokasi menarik dan banyak tempat wisatanya.

4. Universitas Brawijaya (UB) Malang

Universitas Brawijaya (UB) di Kota Malang tetap terapkan kuliah daring atau online hingga semester depan. (Foto: Dokumen UB) kampus terbaik di jawa timur
Universitas Brawijaya (UB) di Kota Malang. (Foto: Dokumen UB)

Siapa yang ingin kuliah di UB? Pasti banyak dari kalian yang punya impian jadi mahasiswa UB ya. Tidak salah, karena UB merupakan kampus yang masuk dalam daftar terbaik tingkat dunia dan Jawa Timur menurut Webometrics. Ada di urutan 2099 dari 31.000 kampus di 200 negara lebih. Untuk peringkat ‘impact rank’ 771, ‘opennes rank’ 5954, ‘exellence rank’ 2355. Sudah memiliki akreditasi kampus A, ada di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Malang juga tempat yang sejuk, banyak wisata alam. Cocok sebagai lokasi belajar sambil bertamasya.

5. Universitas Negeri Malang (UM)

kampus universitas negeri malang um
Kampus Universitas Negeri Malang. (Foto: Dokumen)

Siapa nih yang ingin kuliah di UM? Pasti banyak banget ya. UM merupakan salah satu kampus yang masuk dalam daftar terbaik di dunia dan Jawa Timur menurut Webometrics. Ada di peringkat 2738 dari 31.000 kampus di 200 negara lebih. Mempunyai ‘impact rank’ 903, ‘opennes rank’ 5954, ‘excellent rank’ 3341. UM juga ada di Malang, salah satu lokasi tamasya yang cocok sambil berkuliah. Ayo segera daftar agar tidak kehabisan kuota, siapin nilai terbaik kamu dulu agar bisa masuk di UM.

Itulah 5 kampus terbaik di Jawa Timur menurut rilis dari Webometric yang sudah dirangkum oleh Tugu Jatim. Kalian ingin berkuliah di kampus mana nih? Apa sudah ada pilihan jurusan yang diminati? Segera tentukan pilihanmu sekarang ya! (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan