Insipirasi Peluang Bisnis Baru setelah Lebaran yang Patut Dicoba - Tugujatim.id

Insipirasi Peluang Bisnis Baru setelah Lebaran yang Patut Dicoba

  • Bagikan
Bisnis laundry, peluang bisnis pasca-Lebaran yang patut dicoba dan berpeluang menggiurkan. (Foto: Pixabay)
Bisnis laundry, peluang bisnis pasca-Lebaran yang patut dicoba dan berpeluang menggiurkan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim,id – Ramadhan telah berakhir, masa-masa Lebaran Idul Fitri pun telah kita jalani. Nah, tentu setelah ini bakal ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk memulai aktivitas kita pasca-Lebaran. Salah satunya adalah membangun bisnis yang berpeluang dan menggiurkan.

Nah, lalu apa saja kira-kira peluang bisnis atau usaha yang bisa dikerjakan setelah Lebaran? Meski bulan Ramadhan memang biasanya membuat usaha-usaha meroket, tapi setelah Lebaran peluang untuk membuat usaha sukses juga tak pernah tertutup. Asalkan kita pandai-pandai melihat peluang.

Berikut adalah rekomendasi dan inspirasi peluang bisnis baru setelah lebaran yang telah dirangkum Tugu Jatim yang mungkin bisa Anda coba. Apa saja? Yuk, kita simak!

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu opsi peluang bisnis setelah Lebaran yang patut dicoba.

Pada umumnya ketika Lebaran tiba, kebiasaan makan yang tidak terkendali bisa timbul. Hal ini dikarenakan nafsu makan yang cenderung meningkat setelah berpuasa selama sebulan penuh. Nah itu yang bisa kita manfaatkan untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Apalagi, menu kuliner yang kita jual merupakan kuliner sehat. Tentu itu nilai tawar yang lebih.

Sebab banyak yang kurang sehat saat kita habis berpuasa lalu nafsu makan tak terkendali. Seperti makanan yang tinggi lemak pada opor ayam, atau yang bergula tinggi pada kue kering. Semua sajian itu bisa mengundang penyakit. Banyak orang yang mulai sadar untuk kembali hidup sehat ketika selesai lebaran.

Nah, tentu peluang ini bisa dimanfaatkan. Berjualan menu kuliner yang sehat baik makanan, minuman, atau camilan. Yakinlah, peluang ini akan memiliki prospek yang besar.

2. Berjualan Sembako

Sembako atau kebutuhan pokok manusia seperti beras, minyak, gula dan lainnya. Tentu tidak akan terlepas dari kebutuhan pokok sehari hari rumah.

Kebutuhan ini pasti dicari banyak orang kapan pun. Namun, toko sembako kebanyakan masih tutup karena arus mudik libur lebaran. Nah, peluang itu yang kita manfaatkan.

Memang modal yang dibutuhkan relatif besar. Selain berjualan dadakan di depan rumah, bisa juga dilakukan secara online. Bisa memberikan layanan tambahan contoh; free ongkir atau diskon juga bisa.

3. Jasa Servis, Bengkel, dan Pencucian Kendaraan

Tentu peluang usaha servis jasa dan pencucian kendaraan tak kalah mengiurkan untuk dijadikan peluang bisnis. Sebab setelah mudik pasti banyak orang ingin memastikan kendaraannya masih baik-baik saja atau tidak terdapat kerusakan.

Saat itulah, jasa servis atau bengkel kendaraan akan banyak dicari orang. Peluang ini bisa dimanfaatkan. Selain bengkel, bisnis pencucian kendaraan juga layak diperhitungkan. Sekali dayung dua pulau terlampaui.

Banyak orang yang mengeluh kendaraannya kotor setelah dipakai mudik Lebaran itu pasti. Mereka ingin kendaraannya bisa dipakai lagi untuk kegiatan sehari-hari setelah liburan dalam keadaan bersih. Bisa dipastikan usaha bengkel dan pencucian kendaraan ini akan ramai pengunjung.

4. Jasa Laundry

Tak kalah, jasa laundry juga amat berpeluang untuk menghimpun pundi-pundi rupiah. Tentu setelah libur Lebaran atau pulang mudik, pasti banyak cucian menumpuk. Apalagi pakaian seluruh keluarga yang pasti jumlahnya tidak seperti biasa.

Kondisi badan yang lelah terforsir perjalanan dan tidak sempat karena harus beberes rumah juga, semua pakaian kotor ini akan terbengkalai dan terlupakan. Para asisten rumah tangga juga banyak yang masih belum kembali dari mudik. Peluang itu yang bisa dimanfaatkan.

Mungkin untuk lebih menarik banyak peminat, bisa ditawarkan layanan khusus seperti layanan antar jemput. Ynag sekarang banyak ditemui hal tersebut.

Untuk permodalan yang dikeluarkan juga cukup tidak terlalu besar dan bisa memanfaatkan mesin cuci di rumah. Peluang bisnis ini cukup memiliki prospek yang bagus.

Nah, itulah 4 rekomendasi insipirasi peluang bisnis yang bisa dicoba pasca-Lebaran. Menurut Anda, bagaimana?

  • Bagikan