Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Terpopuler, Inilah Fakta soal Dubai - Tugujatim.id

Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Terpopuler, Inilah Fakta soal Dubai

  • Bagikan
Dubai. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Dubai. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Dubai merupakan salah satu wahana destinasi yang menarik. Pada 2014 lalu, ada sekitar 14 juta wisatawan yang memilih Dubai sebagai lokasi bertamasya. Hal itu membuat Dubai menjadi lokasi keempat terpopuler di dunia.

Mastercard’s Global Destinastion Cities Index tahun 2019 mengatakan bahwa Dubai merupakan lokasi wisata yang mengeluarkan anggaran terbanyak, totalnya mencapai USD 31 miliar atau Rp 436 triliun (kurs Rp 14.000 per USD) per tahun. Nah, agar tahu lebih banyak lagi, Tugu Jatim merangkum 5 fakta menarik tentang Dubai yang perlu Anda diketahui. Apa saja?

1. Dubai Ternyata Bukan Negara, Gaes!

Dubai sering kali dianggap sebagai negara, tapi faktanya Dubai merupakan salah satu dari tujuh negara bagian Uni Emirat Arab (UEA) yang didirikan pada 1971 setelah merdeka dari Inggris. Dubai menjadi pintu masuk utama dari UEA dan mempunyai aktivitas transit paling sibuk di dunia. Tercatat, ada 88 juta orang per tahun melewati Bandara Internasional Dubai.

2. Mutiara Menjadi Industri Utamanya

Sebelum minyak ditemukan di Dubai pada 1966, pada saat itu perekonomian Dubai ditumpu oleh kegiatan mencari mutiara yang dilakukan oleh para nelayan. Mengenai perhitungan produk domestik bruto (PDB) mencapai sekitar USD 414 miliar atau setara Rp 5.000 triliun, ada semacam pertumbuhan 2,4% pada 2019.

Sebagian didorong pertumbuhan sektor minyak UEA. Sedangkan Dubai memproduksi hampir 84.000 barel minyak mentah per hari. Tapi, hal itu bukan satu-satunya penyumbang kesuksesan kota berkelas tersebut.

3. Penduduknya Berusia di Bawah 35 Tahun

Ada sekitar 60% penduduk Dubai didominasi oleh anak muda yang berusia di bawah 35 tahun. Dubai merupakan kota yang menjadi pusat dalam penemuan beragam bentuk inovasi dan teknologi. Misalkan Careem, semacam aplikasi ojek daring yang kemudian dibeli Uber pada 2019 lalu seharga USD 3,1 miliar atau setara dengan Rp 43 triliun.

4. Dubai Punya Impian Jadi Kota Terbahagia di Bumi

Dubai bisa mengukur kadar kebahagiaan manusia melalui “happiness meters” yang berbasis digital untuk mengukur suasana hati warga, penduduk, dan pengunjung di lokasi wisata termahal itu. Tempo waktu pada 2016, pemerintah UEA telah menunjuk Ohood Bin Khalfan Al-Rhoumi sebagai Menteri Kebahagiaan yang pertama dan diamanahi untuk meluncurkan program positif. Menurut dia, melalui perhitungan happiness meters, kebahagiaan karyawan di UEA meningkat 24% antara 2016-2018.

5. Dubai Minim Kriminalitas

Yang paling menarik dan perlu dicontoh dari Dubai ialah rendahnya tingkat kriminalitas yang terjadi. Mengingat lokasi itu berisi dominasi orang-orang kaya yang ingin menikmati hidup dengan berlibur ke Dubai. Hal itu membuat Dubai sebagai lokasi teraman di dunia, semua itu tidak terlepas dari ketatnya hukum yang diberlakukan di lokasi tersebut.

Itulah 5 fakta mengenai Dubai yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda ingin atau bahkan sudah pernah ke Dubai? Tertarik dengan beragam kemajuan di Dubai? Semoga artikel ini bermanfaat. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan