Jelang HUT Ke-344, Pemkab Bojonegoro Gelar Kirap Api Abadi - Tugujatim.id

Jelang HUT Ke-344, Pemkab Bojonegoro Gelar Kirap Api Abadi

  • Bagikan
Prosesi pengambilan api abadi dalam rangka HUT ke-344 Bojonegoro di Khayangan Api Bojonegoro, Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Prosesi pengambilan api abadi dalam rangka HUT ke-344 Bojonegoro di Khayangan Api Bojonegoro, Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Untuk memperingati Hari Jadi Bojonegoro (HJB) Ke-344 yang akan jatuh pada 20 Oktober 2021, Pemkab Bojonegoro melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan. Salah satunya prosesi pengambilan api abadi di Wisata Kayangan Api di Desa Sendang Harjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (19/10/2021).

Prosesi pengambilan api berlangsung dipimpin oleh camat Ngasem yang didampingi kepala desa se-Kecamatan Ngasem. Sementara pengambilan api dilakukan oleh juru kunci Wisata Kayangan Api, yaitu Parlan.

Api abadi siap dikirab pada Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Api abadi siap dikirab pada Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa)

Sebelum prosesi pengambilan api abadi dimulai, diawali dengan ritual persembahan sesaji dan pusaka keris. Dilanjutkan dengan diiringi tarian Waranggono dan Rabue Bunga mengelilingi sumber pusaran api abadi.

Setelah api abadi diambil dengan menggunakan obor oleh juri kunci Kayangan Api, kemudian diserahkan kepada camat Ngasem hingga kembali kepada petugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro untuk dikirab menuju kantor Bakorwil Bojonegoro.

Penyerahan api abadi untuk dikirab pada Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Penyerahan api abadi untuk dikirab pada Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa)

Camat Ngasem Waji mengatakan, prosesi pengambilan api abadi dalam rangka HUT ke-344 Kabupaten Bojonegoro ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, meski di tengah pandemi Covid-19.

“Karena situasi pandemi saat ini belum kunjung pulih, maka prosesi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” kata dia.

Prosesi kirab api abadi dilakukan dengan memakai prokes ketat pada Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa/Tugu Jatim)
Prosesi kirab api abadi dilakukan dengan memakai prokes ketat pada Selasa (19/10/2021). (Foto: Istimewa)

Untuk sore harinya, api abadi diserahkan oleh camat Ngasem kepada Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro Imam Sholikin. Dan terakhir diserahkan kepada Bupati Bojonegoro Anna Muawanah untuk disemayamkan di Pendapa Malowopati Bojonegoro.

  • Bagikan