Jelang HUT ke-77 RI, Pemkot Malang Turut Sukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera

Jelang HUT ke-77 RI, Pemkot Malang Turut Sukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera

  • Bagikan
Penyerahan bendera merah putih kepada salah satu perwakilan kecamatan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji.
Penyerahan bendera merah putih kepada salah satu perwakilan kecamatan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Dokumen Pemkot Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Menyemarakkan hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022, Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji, turut menyukseskan Gerakan Pembagian 10 juta bendera Merah Putih.

Sutiaji menyerahkan secara simbolik bendera merah putih pada lima camat di Kota Malang dan perwakilan BUMD, saat apel pagi dengan jajaran OPD Kota Malang di Halaman Balaikota Malang, Senin (1/8/2022).

Pria yang juga politisi PKB tersebut menjelaskan bahwa tujuan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia. Menurut Sutiaji, gerakan ini merupakan imbauan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Suasana apel pagi Pemerintah Kota Malang.
Suasana apel pagi Pemerintah Kota Malang. (Foto: Dokumen/Pemkot Malang)

“Anjuran ini dari pemerintah pusat kita gali nilai-nilai patriotisme, nilai-nilai juang, nilai-nilai NKRI, nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, dan kita tancapkan di Bumi Pertiwi ini bahwa Merah Putih adalah satu-satunya kita kuatkan di bumi persada Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sutiaji mengatakan bahwa ancaman Indonesia saat ini adalah degradasi patriotisme dan nasionalisme anak bangsa. Salah satu faktornya adalah disrupsi kemajuan teknologi. Sebab itu, melalui gerakan ini diharapkan bermanfaat untuk menguatkan kembali nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme.

“Bahwa nilai-nilai patriotisme sudah mulai luntur, maka dengan gelora 77 tahun kemerdekaan itu, harapannya nilai-nilai itu bangkit,” sambung dia.

Selain itu, pria berkacamata ini juga mengajak masyarakat Kota Malang, jajaran instansi vertikal, perkantoran Pemerintah Kota Malang, BUMD, swasta, maupun perbankan turut mendorong rasa patriotisme dan nasionalisme sekaligus menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih.

Menurutnya, budaya mengibarkan bendera ini juga menjadi salah satu penghormatan untuk mengingat pengorbanan para pejuang meraih kemerdekaan. “Saat ini kita bisa hidup dan menikmati suasana kemerdekaan adalah karena perjuangan para leluhur kita yang sudah mengorbankan jiwa, raga, harta dan nyawanya. Maka nilai-nilai ini harus kita kuatkan,” tambahnya.

Wali Kota Malang, Sutiaji, dan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, saat menerima BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis
Wali Kota Malang, Sutiaji, dan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, saat menerima BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis. (Foto: Dokumen Pemkot Malang)

Tak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, Sutiaji di samping Wakil Walikota Malang, Ir. H Sofyan Edi Jarwoko, menerima penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menandakan mereka telah terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan terhtitung pada Juli 2022.

“Terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang terus memberikan pendampingan dan literasi kepada masyarakat kita, bahwa negara harus hadir memberikan keamanan dan kenyamanan baik ketika menjalankan aktivitas. Sehingga ini harus kita kuatkan bersama. Dan mudah-mudahan ini menjadi kekuatan kita bersama untuk bersatu,” tukasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan