Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Panas - Tugujatim.id

Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Panas

  • Bagikan
Ilustrasi buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas (Foto: pexels)

Tugujatim.id – Dalam waktu terakhir, beberapa daerah di Indonesia tengah dilanda cuaca panas. Teriknya matahari, ternyata bisa membuat tubuh kamu kehilangan cairan dan juga menurunkan daya tahan tubuh.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan asupan makanan agar tubuh tak mengami dehidasi. Makanan yang mengandung air yang tinggi bisa membuat tubuh terasa dingin dan sejuk. Beberapa makanan tersebut di antaranya.

1. Semangka

Buah semangka kaya akan kandungan air. Tak heran, jika buah dengan daging berwarna merah ini sangat cocok dikonsumsi saat musim panas tiba.

Selain itu semangka juga bisa mendinginkan tubuh, lho. kandungan air yang ada di dalam semangka juga bisa menurunkan suhu panas pada tubuh.

Kalau kamu bosan mengkonsumsi semangka dengan cara yang gitu-gitu saja, cobalah membuat mocktail semangka yang dipadukan dengan stroberi. Minuman ini dijamin bisa menghalau tenggorokan yang kering.

2. Nanas

Buah tropis lainnya yang cocok dikonsumsi saat panas adalah buah nanas. Buah tropis satu ini juga bisa berfungsi sebagai pendingin tubuh. Selain itu nanas mampu mengurangi inflamasi yang terjadi di dalam tubuh.

Rasanya manis dan asam membuah nanas bisa dipadukan dengan beragam buah dan sayuran lainnya, seperti pisang, dan timun untuk asupan energi yang segar.

3. Alpukat

Alpukat dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mengalahkan panas, karena alpukat memiliki alpukat tinggi serat dan antioksidan. Kamu bisa membuatnya menjadi es buah yang dipadukan dengan buah-buah lainnya.

4. Tomat

Kandungan air yang ada di dalam tomat, membuat buah ini dipercaya dapat mendinginkan tubuh saat cuaca panas. Selain itu, tomat juga kaya akan likopen, yaitu sejenis senyawa yang memberikan warna pada sayuran atau tumbuhan yang sangat baik untuk menjaga kulit.

Jadi, dengan kandungan yang dimiliki, tomat bisa mencegah kerusakan jaringan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

6. Sayuran Hijau

Mineral yang terkandung dalam sayuran hijau dapat menurunkan suhu pada tubuh. Seperti salah satunya adalah selada, yang memiliki kandungan air hingga 96 persen, sehingga selasa mudah di dicerna dan menjaga energi agar tetap stabil.

Namun, tetap pastikan untuk mengkonsumsi selada dalam keadaan segar dengan jumlah yang cukup.

  • Bagikan