Pondok Inspirasi Inisiasi Program 'Bantu Belajar' untuk Dukung Gerakan #MenangBersama - Tugujatim.id

Pondok Inspirasi Inisiasi Program ‘Bantu Belajar’ untuk Dukung Gerakan #MenangBersama

  • Bagikan
Kegiatan Bantu Belajar dalam salah satu kegiatan #MenangBersama yang diinisiasi oleh Pondok Inspirasi. (Foto: Rosita Wulandari/Pondok Inspirasi)

Tugujatim.id – Pondok Inspirasi (Pondasi), yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan kepemudaan menginsiasi program ‘Bantu Belajar’ demi mendukung gerakan #MenangBersama. Program Bantu Belajar ini menjadi wadah kontribusi masyarakat untuk membantu pendidikan anak Indonesia yang terdampak Covid-19.

Sebagai informasi, #MenangBersama merupakan pesan sekaligus gerakan kepedulian dan kerelawanan yang digagas oleh berbagai pemangku kepentingan untuk memperkuat solidaritas sosial dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Gerakan ini hadir untuk memberikan bantuan langsung yang dapat diakses langsung oleh masyarakat. Salah satu program Menang Bersama yaitu Ngulik yang merupakan singkatan dari ‘ngobrol di ruang publik’. Ngulik merupakan acara mingguan untuk men-support gerakan #MenangBersama yang bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia menang bersama-sama dalam segala aspek kehidupan khususnya melawan Covid-19.

Sedangkan program Bantu Belajar yang diinisiasi oleh Pondok Inspirasi ini pertama kali diperkenalkan ke publik melalui Ngulik yang diselenggarakan 6 Agustus 2021 lalu. Di mana Agus Harianto, Ketua Pondok Inspirasi memaparkan program Bantu Belajar. Sasaran program Bantu Belajar yaitu siswa terpelosok dan kurang akses pendidikan, siswa perkotaan yang terkendala memahami pelajaran, siswa kurang mampu, dan mahasiswa dan alumni Bidikmisi/KIP Kuliah.

“Efek pandemi terhadap dunia pendidikan sangat luar biasa ya. Ada 68 juta anak sekolah terdampak seperti tertinggal pelajaran, tidak dapat mengakses internet, hingga menyebabkan stres pada anak-anak yang akhirnya akan berpotensi meningkatkan jumlah anak putus sekolah. Untuk itu Pondok Inspirasi melalui Bantu Belajar akan mencoba menjadi wadah untuk meminimalisir hal tersebut. Tentunya dengan kolaborasi dan semangat berbagi. Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi teman-teman atau komunitas untuk berkolaborasi Bersama Merawat Bangsa,” beber Agus Harianto, Ketua Pondok Inspirasi.

Program yang akan dijalankan di Belajar Bersama di antaranya yakni: Bantu Belajar Offline, yaitu bantuan belajar kepada lingkungan sekitar khusus daerah terpelosok atau minim akses pendidikan; Bantu Belajar Online, bantuan belajar kepada siswa perkotaan atau memiliki akses internet cukup namun terkendala belajar karena Covid 19; dan Bantu Kuota Internet, yang memberikan bantuan kuota internet untuk siswa tidak mampu.

Untuk mensukseskan program tersebut Pondok Inspirasi membuka kesempatan bagi semua pihak yang ingin berkontribusi sesuai dengan kemampuannya. Harapannya dengan Bantu Belajar ini dapat membantu Indonesia mulai dari hal kecil dan semangat kontribusi hingga akhirnya Indonesia benar-benar #MenangBersama.

Aktivitas lain dalam upaya mengurangi dampak Covid-19, Pondok Inspirasi aktif bersama komunitas lainnya membuat gerakan. Salah satunya membuka akses orang baik untuk tergabung dalam Relawan Cepat Tanggap Covid-19 bersama indorelawan, pemimpin.id, Rumah Amal Salman, Everidea, Kultur Lokal, Kitabisa, Warga Bantu Warga, Semua Murid Semua Guru, dan PT Paragon Technology and Innovation.

  • Bagikan