Jokowi Resmikan Wisma Haji Jakarta Jadi Rumah Sakit Penanganan Covid-19

  • Bagikan
Presiden RI Jokowi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden/Tugu Jatim)
Presiden RI Jokowi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, Tugujatim.id – Melonjaknya kasus Covid-19 akhir-akhir ini, membuat banyak rumah sakit sudah penuh oleh pasien. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meresmikan penggunaan Wisma Haji di Jakarta sebagai rumah sakit penanganan Covid-19, Jumat (09/07/2021).

Peresmian itu disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden. Jokowi mengatakan, rumah sakit Wisma Haji ini telah dipersiapkan selama lima hari.

“Pertama-tama, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada menteri kesehatan, menteri PUPR, beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam waktu lima hari untuk menyiapkan Wisma Haji dikonversikan menjadi rumah sakit,” ucap Jokowi.

Dengan didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Jokowi telah mengecek peralatan dan fasilitas rumah sakit. Di depan awak media, Jokowi mengatakan, peralatan dan berbagai fasilitas mengalami perubahan serta penambahan guna menunjang pelayanan rumah sakit.

“Peralatan rumah sakit, pergantian AC, dan pembangunan lift untuk para pasien, saya lihat semuanya dalam keadaan 99 persen siap,” ujar Jokowi.

Rumah sakit yang berada di Pondok Gede Jakarta Timur ini sudah dapat beroperasional mulai hari ini (10 Juli 2021.

“Besok pagi (Sabtu, 10 Juli 2021), rumah sakit Wisma Haji ini sudah bisa dioperasionalkan,” tambah pria yang sudah menjabat sebagai presiden selama dua periode itu.

Selain itu, dalam peresmian yang disiarkan langsung pada pukul 15.16, Jokowi juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam mengatasi pandemi yang tengah melanda Indonesia sekarang ini.

“Kedua, saya ingin mengajak kepada para mahasiswa, pemuda-pemudi, ibu-ibu PKK, dan kader-kader posyandu untuk bersama-sama bahu-membahu dan bergotong-royong menjadi sukarelawan serta menjadi relawan dalam penanganan pandemi Covid-19 ini,” tutup Jokowi.

  • Bagikan