Kabupaten Tuban Siapkan 8.370 Vaksin Covid-19 untuk Petugas Pelayanan Masyarakat - Tugujatim.id

Kabupaten Tuban Siapkan 8.370 Vaksin Covid-19 untuk Petugas Pelayanan Masyarakat

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo saat menjelaskan proses vaksinasi tahap kedua pada Rabu (24/02/2021). (Foto:Rochim/Tugu Jatim)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo saat menjelaskan proses vaksinasi tahap kedua pada Rabu (24/02/2021). (Foto:Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kabupaten Tuban pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis sinovac untuk tahap kedua telah menyiapkan 8.370 dosis khusus kategori prioritas pada Rabu (24/02/2021). Di antaranya, institusi pemerintahan, TNI, dan Polri. Selain itu, pegawai perkantoran dan tokoh masyarakat, termasuk awak media.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo saat dikonfirmasi mengatakan, yang mendapatkan vaksin sinovac yakni yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, mereka yang bersinggungan langsung dengan warga. Jadi memerlukan langkah strategis untuk imunitasnya.

“Hari ini (Rabu), tenaga vaksinator dari dinas kesehatan dibantu dua puskemas yang berada di kota,” kata Bambang.

Mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo ini menambahkan, sampai saat ini yang telah menyetorkan data dari intansi baru 80 persen. Jadi, yang dijadwalkan selama sepekan ini yang telah memberikan data terlebih dulu.

“Kami sentralkan di sini untuk para OPD dan yang lainnya sesuai jadwal yang telah di-share,” tambahnya.

Sedangkan untuk menunjang kegiatan vaksinasi berjalan sukses, pihaknya telah menggandeng semua klinik yang ada. Mereka diikutsertakan, termasuk dari Klinik Polres, BPJS, DKT, dan beberapa klinik swasta lainnya.

“Tenaga vaksinatornya sudah ada tambahan. Mereka yang telah diberikan pelatihan dari provinsi. Jadi, tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Bambang bersyukur mulai awal pencanangan vaksinasi hingga nakes usai disuntik vaksin sinovac, tidak menemukan keluhan berat yang dialami. Hanya mungkin pusing atau ngantuk saja.

“Alhamdulillah, belum ada kejadian seperti itu (keluhan berat,red), semua aman-aman saja. Semoga jangan sampai terjadi sesuatu,” harapnya.

Untuk diketahui, pada 15 Februari lalu, dia sempat menjelaskan bahwa vaksin telah disuntikkan kepada 3.330 orang di Kabupaten Tuban. Vaksinasi tahap 1 dosis pertama mencapai 91 persen atau sekitar 2.884 orang.

Sedangkan vaksinasi Covid-19 tahap 1 dosis kedua mencapai 446 orang. Vaksinasi tahap 1 dilakukan di 2 RSUD, 33 puskesmas, dan 1 klinik. (Mochamad Abdurrochim/ln)

 

  • Bagikan