Kakeibo: Seni Menabung ala Orang Jepang - Tugujatim.id

Kakeibo: Seni Menabung ala Orang Jepang

  • Bagikan
Ilustrasi Kakeibo, seni menabung ala orang Jepang. (Foto: moneycrashers.com)
Ilustrasi Kakeibo, seni menabung ala orang Jepang. (Foto: moneycrashers.com)

Tugujatim.id – Mengatur keuangan dan menyisihkan uang masih menjadi hal yang sulit bahkan bagi orang dewasa sekalipun. Tanpa terasa pengeluaran dalam sebulan sudah membengkak. Jika sampai saat ini kamu masih mengalami kesulitan yang sama, mungkin kamu perlu mencoba Kakeibo. Teknik menabung ini terbilang efektif menurut banyak orang yang pernah mencobanya. Lantas apa itu Kakeibo dan bagaimana cara mengaplikasikannya? Simak ulasannya berikut ini:

Definisi Kakeibo

Secara harfiah Kakeibo (baca: kah-keh-boh) memiliki arti “buku induk keuangan rumah tangga”. Hal ini merupakan teknik mencatat keuangan yang dilakukan secara manual untuk membantumu mengatur pengeluaran sesuai anggaran dan mencapai tujuan tabunganmu. Konsep Kakeibo pertama kali dikenalkan oleh seorang jurnalis wanita bernama Hani Makoto pada tahun 1904 lalu melalui tulisannya di majalah.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Tetap Produktif Selama Akhir Pekan

Kakeibo mempertanyakan 4 hal pokok:

• Berapa banyak uang yang kamu miliki?
• Berapa banyak uang yang ingin kamu tabung?
• Berapa banyak uang yang kamu belanjakan?
• Bagaimana kamu bisa meningkatkan kondisi keuanganmu?

Melalui keempat pertanyaan ini, Kakeibo mengajakmu untuk lebih teliti, detail, dan berhati-hati dalam menggunakan keuanganmu.

Keunikan Kakeibo

Di era yang serba digital saat ini, kamu tentu bisa menggunakan aplikasi yang akan membantu keuanganmu secara otomatis. Hal inilah yang membuat Kakeibo unik dari yang lainnya. di mana masih mempertahankan cara manualnya untuk mencatat keuangan.

Di sini kamu perlu menuliskan keuanganmu sendiri mulai dari daftar kebutuhan, batas pengeluaran, jumlah pemasukan, dan mengkalkulasikannya sendiri. Meskipun terkesan rumit, teknik ini masih disukai oleh penggemarnya bahkan setelah 116 tahun ini.

Hal ini tentu tidak lain karena efek yang ditimbulkan dari proses menulis itu sendiri. Kakeibo memang menekankan pentingnya menulis secara manual sebagai cara meditatif untuk memproses dan mengamati kebiasaan belanjamu. Proses ini hampir mirip seperti manfaat yang diperoleh dari menulis jurnal harian secara manual.

Baca Juga: Bercocok Tanam Bagi Pemula: Tidak Perlu Lahan Luas

Sejumlah penelitian [https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23804013/] bahkan telah membuktikan bahwa menulis secara manual bisa mendorongmu pada perubahan yang positif, menjadi lebih teliti dan peka untuk mengenali penyebab dari kebiasaan negatif yang kamu lakukan. Saat menulis, otak juga bekerja lebih efektif. Misalnya, ketika kamu menulis untuk menyisakan Rp250.000 per bulannya, otakmu juga memikirkan cara untuk mencapai tujuan ini.

Cara Mengaplikasikan Kakeibo

Mempersiapkan pena dan buku catatan adalah hal utama yang harus kamu siapkan untuk mulai menggunakan teknik Kakeibo. Selanjutnya, kamu bisa memulai beberapa tahapan seperti dibawah ini:

1. Lakukan review tahunan untuk merencanakan pemasukan dan pengeluaranmu selama setahun kedepan;
2. Buatlah rencana belanja bulanan untuk menetapkan anggaran yang sesuai dengan kondisi dan tujuan keuanganmu;
3. Tentukan rencana belanja mingguan untuk menentukan berapa banyak yang harus kamu keluarkan setiap bulannya;
4. Lakukan review bulanan untuk mengetahui hal-hal yang bisa kamu perbaiki dalam rangka meningkatkan kondisi keuanganmu.

Penting untuk diperhatikan bahwa cara ini bukan dirancang untuk menghilangkan kebahagiaanmu dengan membatasimu secara ketat. Kamu bisa memulai proses ini secara bertahap karena tujuan utama Kakeibo adalah mengubah kebiasaan buruk melalui langkah secara bertahap. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: cnbc.com & moneycrashers.com

  • Bagikan