Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia U-16 Raih Gelar Juara Piala AFF 2022

Timnas Indonesia. (Foto: Tangkapan Layar Instagram PSSI/Tugu Jatim)
Euforia kemenangan Timnas Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2022. (Foto: Tangkapan Layar Instagram PSSI)

Tugujatim.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 sukses menyabet gelar juara Piala AFF U-16 kontra Vietnam U-16 pada Jumat malam (12/08/2022). Laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta tersebut berhasil dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol Indonesia dicetak Kafiatur Rizky di penghujung babak pertama.

Memanfaatkan umpan dari Rizal, Kafiatur sukses mengecoh salah satu bek lawan sebelum akhirnya melepaskan tendangan melengkung menuju sisi pojok kanan atas gawang Vietnam. Skor 1-0 bertahan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan.

Dalam ajang Piala AFF U-16 ini, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Kesuksesan Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara tahun ini merupakan kali kedua. Pertama kali Timnas U-16 juara Piala AFF U-16 yaitu empat tahun silam atau pada 2018. Saat itu Indonesa juga ditunjuk sebagai tuan rumahnya.

Tim Merah Putih disebut layak memenangi pertandingan karena sepanjang laga tim asuhan Bima Sakti tersebut menguasai jalannya pertandingan dengan 53 persen penguasaan bola berbanding 47 persen penguasaan bola dari Vietnam.

Pasukan asuhan Bima Sakti ini sangat gembira dengan kemenangan ini. Momen haru ketika lagu “Tanah Airku” berkumandang setelah laga usai dan dinyanyikan oleh seluruh isi Stadion Maguwoharjo. Gelar juara ini seakan menjadi kado manis untuk Indonesia yang berulang tahun pada Agustus ini.

Bima Sakti mengaku performa apik Timnas Indonesia sehingga menjadi juara AFF U-16 kali ini merupakan berkat kerja keras tim. Dukungan dari para orang tua pemain juga pelatih SSB klub para pemain berasal.

“Orang tua dan pelatih SSB di akademi adalah yang palong berjasa. Saya di sini hanya meneruskan saja,” ujar Bima Sakti dengan rendah hati dilansir dari faktabola.

Coach Bima Sakti juga mengingatkan para pemain agar tidak cepat puas diri dan sombong. Mengingat Piala AFF U-16 hanyalah ujian awal dan merupakan satu dari banyak kompetisi internasional lagi ke depannya.

“Kami harus tetap rendah hati dan tidak boleh sombong. Setelah ini kami akan fokus untuk kualifikasi Piala Asia U-17,” lanjut Bima Sakti.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim