Kampus Terbaik di Malang, Fakta Menarik tentang UB

Kampus Terbaik di Malang, Fakta Menarik tentang UB

  • Bagikan
Kolam bundaran Universitas Brawijaya (UB) yang menjadi tempat favorit mahasiswa baru untuk berfoto/tugu jatim
Kolam bundaran Universitas Brawijaya (UB) yang menjadi tempat favorit mahasiswa baru untuk berfoto. (Foto: Dokumen/ Fahra Auliani Rahmah)

Tugujatim.id– Apakah Anda salah satu mahasiswa UB (Universitas Brawijaya)? Atau ada salah satu saudara Anda yang kuliah di UB?  Jika iya, kalian patut berbangga, pasalnya kampus yang memiliki julukan Kampus Biru tersebut merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Kota Malang bahkan nasional.

UB merupakan salah satu kampus yang banyak diminati oleh berbagai kalangan dari seluruh Indonesia. Selain karena letaknya di pusat Kota Malang, UB juga memiliki gedung-gedung yang megah dan fasilitas penunjang yang memadai. Kampus negeri yang satu ini juga memiliki banyak fakta menarik yang perlu Anda ketahui.

1. Tata Letak Kampus Rapi

Gedung-gedung megah di UB ditata dengan rapi. Di beberapa lokasi dihiasi dengan pohon palm. Taman berbunga ada di sepanjang pinggir jalan. Suasananya terasa sejuk dan enak dipandang. Lapangan rektorat cukup luas dan menjadi tempat ikonik bagi para mahasiswa yang ingin mengabadikan momen setelah merayakan kelulusan.

Juga ada bundaran yang dikelilingi oleh tulisan “Universitas Brawijaya”. Pada malam hari ada lampu menyala dan kolam dengan air mancur di tengah-tengahnya. Biasanya ini menjadi spot favorit mahasiswa baru yang baru menginjakkan kaki di kampus biru ini.

2. Penyambutan Maba Meriah

Jika kalian merupakan salah satu bagian dari UB pasti sudah tidak asing lagi dengan RABRAW. Itu merupakan akronim dari ‘Raja Brawijaya’, yaitu acara penyambutan mahasiswa baru yang diadakan setiap tahun pada bulan Agustus.

Rabraw terdiri dari tiga rangkaian acara. Pertama PKKMB (Penegenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru). Di hari pertama ini kalian akan diajak mengenal bagaimana kehidupan di kampus.

Biasanya akan mengundang satu narasumber dari tokoh terkenal di Indonesia, salah satunya yang pernah diundang pada tahun 2018 Mentri Kelautan dan Perikanan, Susi Puji Astuti. Selain itu kalian juga diajak long march mengelilingi kampus untuk mengetahui segala fasilitas yanga ada di kampus.

Hari kedua ada PBPK (Pembinaan Budi Pekerti dan Kepemimpinan). Sesuai namanya kalian akan diberikan materi dan mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pembentukan budi pekerti dan kepemimpinan.

Kemudian hari ketiga ada rangkaian OH (Open House). Mahasiswa baru bebas melihat-lihat setiap stand yang sudah ada untuk mengetahui organisasi atau komunitas apa yang cocok dengan bakat dan minat yang dimiliki.

3. Ramah Difabel

Setiap mahasiswa mendapat hak yang sama untuk belajar dengan nyaman dan aman, termasuk untuk penyandang difabel. UB merupakan kampus yang ramah bagi mahasiswa penyandang kebutuhan khusus atau yang juga biasa disebut dengan difabel.

Mahasiswa difabel akan didampingi oleh sukarelawan yang telah memiliki berbagai persayaratan dan telah lolos berbagai seleksi. Mereka juga harus bisa berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Ikon difabel akan mudah kalian temui pada fasilitas-fasilitas penunjang keseharian, seperti tangga landai untuk kursi roda dan jalan khusus bagi penyandang tuna netra. Tentu ini menjadi keunikan dan nilai tambah tersendiri untuk UB karena telah memberikan fasilitas bagi setiap mahasiswanya.

 

  • Bagikan