Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Kurma?

  • Bagikan
Ilustrasi kurma. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi kurma. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Menjelang Ramadhan, kurma mulai banyak dijual di pasaran. Buah kurma menjadi ciri khas saat bulan suci Ramadhan. Dan buah satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, selain rasanya yang manis, juga memiliki sejuta manfaat yang diperlukan tubuh. Tapi, kapan ya waktu yang tepat untuk mengonsumsi kurma?

Isi kandungan kurma sebagian besar, yaitu karbohidrat. Meski di dalamnya juga ada protein, vitamin, mineral, fiber, potasium, magnesium, dan juga vitamin B6.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Makanan seperti kurma dengan serat tinggi punya peran penting dalam diet sehat. Kemudian antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu mengurangi risiko terkena diabetes, gangguan jantung, hingga alzheimer, dan kanker.

Dalam sebuah penelitian, kurma juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja otak. Dalam hal ini, kurma bisa digunakan mengurangi risiko alzheimer. Mencampurkan sedikit kurma ke dalam makanan bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Selain itu, kurma juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, seng, serta fosfor yang membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

Lalu kapankah waktu yang tepat untuk mengonsumsi kurma? Berikut Tugu Jatim telah merangkumnya:

1. Ketika Sarapan

Konsumsi kurma di pagi hari mampu memberikan energi kepada tubuh. Selain itu, kurma juga mampu menjaga agar tetap kenyang lebih lama. Saat puasa, Anda bisa mengonsumsi kurma saat sahur untuk memberi energi ketika puasa.

2. Sebelum Olahraga

Anda bisa mengonsumsi 2-4 kurma, yaitu 30 menit sebelum berolahraga. Kandungan gula pada kurma sangat banyak, tapi tidak akan menjadikan gula darah melonjak tinggi. Justru kurma akan melepaskan karbohidrat yang ada secara perlahan sehingga bisa menjadi bahan bakar ketiga olahraga.

3. Ketika Lapar

Kurma mengandung kalori dan serat yang tinggi. Buah yang satu ini sangat cocok dikonsumsi saat Anda lapar. Kalau sedang diet atau malas mengambil makanan berat, Anda bisa mengonsumsi kurma untuk mengganti kalori pada tubuh.

4. Menjelang Petang

Ketika sore hari, energi mulai menurun, kalau Anda mengonsumsi kurma saat menjelang petang, ini dipercaya bisa menambah pasokan gula alami dan fiber ke dalam tubuh. Nah, pasokan gula dan serat yang dihasilkan dari kurma akan membuat Anda kembali segar.

Saat puasa, Anda bisa mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Kurma dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum makan makanan berat.

5. Ketika Lapar Tengah Malam

Salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi tengah malam adalah kurma. Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya bisa membuat Anda kenyang dalam jangka waktu lama. Hal ini karena serat memiliki waktu lebih lama untuk dicerna. (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan