Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkab Tuban Tambah Ruang Isolasi dan Tempat Tidur - Tugujatim.id

Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkab Tuban Tambah Ruang Isolasi dan Tempat Tidur

  • Bagikan
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky didampingi Wakil Bupati dan forkopimda usai memberangkatkan Mobil Vaksin Keliling di halaman Pemkab Tuban, Selasa (29/06/2021). (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky didampingi Wakil Bupati dan forkopimda usai memberangkatkan Mobil Vaksin Keliling di halaman Pemkab Tuban, Selasa (29/06/2021). (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa daerah akhir-akhir ini, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berusaha mengatasinya. Salah satunya terkait pemenuhan ruang isolasi dan tempat tidur (TT) di rumah sakit untuk merawat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Pemkab Tuban kini mengupayakan penambahan bed atau TT . Sekitar 24 persen penambahan sudah dilakukan, dari target 200 TT, kini rumah sakit yang berada di Bumi Wali itu sudah menyediakan 195 TT.

“Menindaklanjuti keluhan masyarakat soal ruang isolasi dan TT, kami sudah berupaya,” kata Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky kepada Tugu Jatim, Selasa (29/06/2021).

Lindra juga menambahkan, dia segera mengaktifkan kembali ruang isolasi yang ada di masing-masing puskesmas. Ruang tersebut akan dipergunakan untuk katergori pasien yang bergejala ringan hingga sedang.

“Untuk kategori berat, tetap harus di rumah sakit agar mendapatkan perawatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr R. Kesma Tuban dr Saiful Hadi menuturkan, di rumah sakit yang dipimpinnya, sudah ada penambahan TT dan ruangan perawatan pasien Covid-19 di setiap minggunya. Dari 84 TT, kini sudah bertambah menjadi 104 TT.

Sedangkan ruangan yang dipersiapkan di Graha Arya Teja, semula hanya di lantai 4, setelah melakukan perbaikan, lantai lima pun siap dipergunakan untuk perawatan pasien virus Covid-19.

“Ini lantai lima sudah selesai perbaikannya. Jika nanti dibutuhkan lagi, kami akan persiapkan juga ruang di lantai tiga,” sambungnya.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 hingga Senin (28/06/2021), penambahan kasus terus terjadi sebanyak 15 orang terpapar Covid-19, yang sudah dinyatakan sembuh 19 pasien. Dua pasien meninggal dunia akibat terpapar virus ini.

Dari penambahan kasus ini, jumlah kumulatif yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 4.077 kasus, yang sudah sembuh 3.595 orang. Sedangkan yang masih mendapatkan perawatan 40 pasien. Sisanya  442 orang meninggal dunia.

  • Bagikan