Beda Susu UHT dengan Fresh Milk, Yuk Simak! - Tugujatim.id

Beda Susu UHT dengan Fresh Milk, Yuk Simak!

  • Bagikan
Ilustrasi minuman susu yang tinggi kalsium. (Foto: Pexels)
Ilustrasi minuman susu yang tinggi kalsium. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Susu merupakan produk yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh semua kalangan usia. Ketika pergi ke supermarket, banyak orang tidak menyadari perbedaan jenis-jenis susu yang dijual. Ada dua jenis susu yang populer di tengah masyarakat, namun banyak yang tidak tahu perbedaannya. Mari kita simak perbedaan susu UHT dan susu fresh milk.

1. Proses pengolahan

Seperti namanya, fresh milk atau susu murni tidak melalui proses pengolahan yang rumit yaitu cukup disaring dengan tujuan menjaga kandungan baik di dalamnya. Namun susu UHT justru dipanaskan pada suhu 135 – 150 derajat celcius selama 2 – 3 detik saja. Proses singkat dengan temperatur tinggi ini bisa menghancurkan bakteri-bakteri jahat yang ada di dalamnya.

2. Suhu penyimpanan

Kedua jenis susu ini berbeda cara penyimpanan. Ketika Anda ke supermarket, Anda bisa melihat susu fresh milk di dalam lemari pendingin. Ini karena susu segar harus disimpan pada suhu 0-4 derajat celcius dan sangat mudah rusak bila tidak segera dikonsumsi. Sebaliknya, susu UHT sangat awet dan dapat dikonsumsi pada suhu ruang bila kemasannya belum dibuka.

3. Kandungan vitamin

Jika Anda ingin mendapatkan nutrisi yang sempurna, fresh milk adalah pilihan yang tepat. Walaupun cukup berisiko, namun dengan kehati-hatian yang ekstra, Anda bisa merasakan vitamin dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

4. Harga

Jika dibandingkan, tentunya fresh milk mematok harga lebih mahal dibandingkan dengan susu UHT. Selain karena ketahanannya, nutrisi dari susu segar juga sangat terjaga dibandingkan dengan susu UHT.

Beberapa perbedaan di atas kiranya bisa membantu Anda untuk menenntukan pilihan susu apa yang cocok untuk Anda!

  • Bagikan