News  

Kebakaran di Tuban: 4 Rumah Hangus, 1 Sapi Mati

tuban tugu jatim
Petugas Damkar Tuban berupaya memadamkan api yang melahap empat bangunan di Desa Katerban, Kecamatan Senori, Tuban. Foto: Damkar Tuban

TUBAN, Tugujatim.id – Setelah berjibaku hampir selama dua setengah jam, akhirnya petugas Pemadam Kebakaran Satpol PP Tuban berhasil memadamkan api yang membakar empat rumah milik warga Desa Katerban, Kecamatan Senori, Tuban. Keempat bangunan rumah itu milik Pangi (67).

Diketahui, api muncul pertama kali pada Sabtu (17/9/2022) malam, sekitar pukul 23.25 WIB. Api itu membangunkan pemilik rumah yang sedang tertidur. Teriakan pemilik rumah membuat tetangga sekitar berdatangan.

Api yang terus membesar membuat pemilik rumah dan para tetangga kesulitan menyelamatkan barang berharga. Akibatnya, satu ekor sapi terpanggang karena gagal dievakuasi. Beruntung, tidak ada korban jiwa manusia akibat peristiwa ini.

tuban tugu jatim
Petugas Damkar Tuban berupaya memadamkan api yang melahap empat bangunan di Desa Katerban, Kecamatan Senori, Tuban. Foto: Damkar Tuban

“Melihat api sudah menyala di bagian atas rumah joglo dan menjalar ke seluruh bagian rumah serta merembet ke kandang sapi yang berisi dua ekor sapi. Satu selamat, sementara lainnya terbakar karena api yang telah besar,” ucap Kabid Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan dan Damkar Tuban, Sutaji, pada Minggu (18/9/2022).

“Tiga mobil Damkar bergerak untuk memadamkan api. Sampai akhirnya pukul 02.30 WIB, api berhasil dipadamkan dan memastikan tidak ada titik api yang masih menyala,” imbuhnya.

Sutaji menduga api berasal dari bekas sampah yang dibakar pemilik rumah. Namun, sisa pembakaran sampah itu membuat percikan api dan menyambar jerami yang tidak jauh dari lokasi itu. Selanjutnya, api merembet ke rumah korban yang sebagian besar terbuat dari kayu.

“Dugaan sementara dari sisa pembakaran sampah yang merembet ke jerami dan mengakibatkan kebakaran,” ucapnya.

Kata dia, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah dengan rincian rumah joglo senilai Rp250 juta, bangunan lainnya Rp307 juta, seekor sapi Rp15 juta, gabah dua ton, dan perabotan rumah sekitar Rp30 juta.