Kebiasaan Unik Orang Korea saat Makan dan Mungkin Aneh Bagi Orang Indonesia

  • Bagikan
Makan dari panci. Kebiasaan unik orang Korea saat makan.
Makan dari panci. Kebiasaan unik orang Korea saat makan. (Foto: Shopee)

Setiap negara pasti memiliki identitas yang menjadi ciri khas. Adakalanya identitas ini tidak dimiliki oleh negara lain. Identitas ini mulai dari budaya, kesenian, hingga aktivitas sehari-hari. Korea sebagai salah satu negara yang kaya tentu memiliki kebudayaan dan kebiasaan unik wajib untuk diketahui. Semua hal itu sering dijumpai melalui drama-drama Korea. Maka tidak mengherankan apabila kebiasaan atau kebudayaan tersebut dicontoh oleh banyak orang Indonesia.

Tidak semua kebiasaan dan kebudayaan Korea akan cocok dengan kultur masyarakat Indonesia. Adakalanya kebiasaan dan kebudayaan itu tidak bisa diterima atau diterapkan di Indonesia. Bahkan kebiasaan ini sering dianggap aneh oleh sebagian besar orang. Meskipun demikian, kebiasaan ini tetap menjadi identitas atau ciri khas. Salah satunya adalah kebiasaan makan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Spoiler One Piece 994, Kaido Tuntaskan Pertempuran dengan Red Scabbards

Berikut adalah beberapa kebiasaan makan masyarakat Korea.

  1. Makan apapun dengan kimchi

Kimchi merupakan makanan tradisional khas Korea. Bahkan dilansir dari liputan6.com, UNESCO telah menetapkan kimchi sebagai warisan budaya bukan benda untuk rakyat Korea. Kimchi menjadi salah satu makanan tradisional yang wajib ada di meja makan orang Korea. Makanan ini juga selalu ada di setiap makanan Korea baik sarapan, makan siang, maupun makan malam. Kimchi terbuat dari sayuran yang difrementasi. Ada banyak jenis sayur yang bisa digunakan untuk membuat kimchi, namun yang paling umum adalah sawi putih.

  1. Makan ramyeon langsung dari panci

Masyarakat Korea tampaknya senang mengonsumsi mie instan atau yang biasa disebut ramyeon. Mereka pun memiliki beberapa kebiasaan unik saat menyantap makanan ini. Biasanya mereka menyantap ramyeon langsung dari panci. Hal itu dimaksudkan agar panas kuah ramyeon tetap terjaga. Selain itu, mereka juga menggunakan tutup panci sebagai wadah ramyeon saat menyantapnya seorang diri. Tidak hanya itu, mereka biasa menghasilkan suara “sluruupp” ketika  sedang menyeruput mie.

Baca Juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Gurun Pasir Nazca, Peru

  1. Membungkus makanan dengan selada

Masyarakat Korea memang terbiasa hidup sehat. Hal itu juga berlaku ketika makan. Sayur-sayuran pun menjadi sesuatu yang wajib dikonsumsi sat makan. Selain itu, masyarakat Korea memiliki kebiasaan membungkus makanan dengan selada. Cara makan ini dinamakan dengan ssam. Kebiasaan ini biasanya dilakukan saat menikmati Korean BBQ. Orang-orang Korea akan menikmati daging yang telah dipanggang dengan daun selada yang biasanyanya ditambahkan pula kimchi, bawang putih, samjang, atau bumbu lainnya.

  1. Makan bersama dalam satu wadah dengan sendok masing-masing

Masyarakat Korea sering makan bersama dalam berbagai kesempatan. Entah untuk memperingati hari-hari penting atau makan biasa. Mereka biasanya memesan makanan yang bisa dinikmati bersama. Mereka juga tidak jarang akan menggunakann sendok masing-masing untuk makan dari satu wadah yang sama. Hal ini biasanya terjadi saat mereka memakan ramyeon atau bibimbap dari wadah besar. Kebiasaan ini pun sering membuat orang dari luar Korea terheran-heran dan mungkin dianggap sebagai sesuatu yang aneh.

Baca Juga: Prekuel Game of Thrones Akan Rilis Tahun 2022, Fokus ke Cerita Keluarga Targaryen

  1. Menggunakan alat makan stainless

Alat makan orang Korea biasanya terbuat dari stainless. Alat makan ini terdiri dari sendok dan sumpit. Alat-alat makan ini tentu tidak pernah absen di berbagai kesempatan makan. Ada alasan mendasar yang melatarbelakangi penggunaan bahan stainless untuk alat makan. Ternyata sendok dan sumpit stainless sudah digunakan sejak zaman kerajaan. Selain untuk makan, benda tersebut juga menjadi media untuk mendeteksi adanya racun di makanan. Warna perak pada sumpit atau sendok akan berubah saat makanan mengandung racun. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan