Kebun Binatang Surabaya Batasi 3.000 Pengunjung per Hari saat Long Weekend - Tugujatim.id

Kebun Binatang Surabaya Batasi 3.000 Pengunjung per Hari saat Long Weekend

  • Bagikan
Kebun Binatang Surabaya
Gerbang depan Kebun Binatang Surabaya. (Foto: Instagram Kebun Binatang Surabaya)

Surabaya – Pada libur panjang akhir Oktober ini, pihak Kebun Binatang Surabaya bakal membatasi jumlah pengunjung yang akan beriwisata ke tempat itu. Total pengunjung harian yang diperbolehkan pihak pengelola hanya berjumlah 3.000 pengunjung setiap harinya.

“Prediksi long weekend kali ini masih di angka 3.000 pengunjung setiap harinya. Jadi kita batasi,” kata Humas KBS Agus Supangkat, seperti dilansir Basra, partner Tugu Jatim, Rabu (28/10).

Baca Juga: Proyek ‘Jurrasic Park’ Taman Nasional Komodo Tuai Polemik di Media Sosial

Untuk diketahui, sebenarnya, Kebun Binatang Surabaya telah dibuka kembali sejak tanggal 27 Juli 2020 silam. Sebelumnya, KBS ini memang sempat ditutup untuk mencegah adanya penyebaran virus corona atau COVID-19.

Meski buka dan membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung, pihak pengelola tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat sesuai aturan. Bahkan, jumlah 3.000 pengunjung pada long weekend di akhir Oktober ini nantinya akan dibagi menjadi dua sesi kunjungan.

Seorang pengunjung di Kebun Binatang Surabaya. (Foto: Basra)
Seorang pengunjung di Kebun Binatang Surabaya. (Foto: Basra)

Agus Supangkat menuturkan, pembagian jam operasional tersebut terdiri dari sesi pertama yang dibuka pukul 08:30 WIB – 11:30 WIB, dan sesi kedua dibuka pukul 12:30 WIB – 15:30 WIB.

“Jadi pembagian waktu ini kita lakukan, agar waktu istirahat kita dapat mensterilkan lokasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Taman Nasional Komodo Klaim Pembangunan Proyek Tak Ganggu Habitat Komodo

Selain itu, pihaknya juga mewajibkan pengunjung untuk mencuci tangan, melewati bilik sterilisasi, menggunakan masker, dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area KBS.

“Kalau suhu tubuh pengunjung ada yang di atas 37,5 derajat celcius harus diistirahatkan dengan kawalan tim medis. Kami juga menerapkan soal acuan tinggi badan, kalau dibawah 100 centimeter belum boleh masuk. Selain itu, anak-anak usianya yang kurang dari 5 tahun dan usia diatas 60 tahun tidak diperbolehkan masuk,” jelasnya.

Bahkan pihaknya juga tidak membuka wahana satwa seperti tunggang gajah dan unta, kids zoo, serta feeding time.

“Terkait wahana yang sudah buka ada wahana aquarium, dan wahana wisata perahu,” tuturnya.

Agus berharap, pengunjung dapat mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak KBS.

Baca Juga: 56 Jurnalis jadi Korban Kekerasan saat Liput Demo UU Cipta Kerja

Diketahui, sejak kembali beroperasi lima bulan yang lalu, total pengunjung KBS di masa pandemi terakumulasi sekitar 19 ribu lebih orang.

Bagi para pengunjung yang ingin berlibur ke KBS, Anda bisa memesan tiketnya memalui website www.surabayazoo.co.id. (Amm/Basra/gg)

 

Sumber Artikel: Berita Anak Surabaya (Basra)

 

 

  • Bagikan