Proyek 'Jurrasic Park' Taman Nasional Komodo Tuai Polemik di Media Sosial - Tugujatim.id

Proyek ‘Jurrasic Park’ Taman Nasional Komodo Tuai Polemik di Media Sosial

  • Bagikan
biawak komodo dragon. Jurrasic Park Taman Nasional Komodo fakta komodo
Ilustrasi biawak komodo. (Foto: Pixabay)

Kupang – Proyek pembangunan ‘Jurrasic Park’ di Taman Nasional Komodo memunculkan polemik di media sosial. Foto seekor komodo yang terlihat menghadang truk proyek pun viral di Twitter. Bahkan, hingga Senin (26/10/2020) siang, tagar #SaveKomodo menjadi trending topic urutan pertama di Twiiter.

Ramainya pembahasan tentang menyelamatkan komodo itu akibat foto pembangunan sarana prasarana wisata di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Di mana truk-truk juga terlihat keluar masuk kawasan taman nasional yang dikhawatirkan berdampak pada kelestarian alam dan ekosistem di tempat itu.

Baca Juga: Inggris Bakal Kembalikan 5.000 Artefak Kuno ke Irak

Untuk diketahui, ramainya pembahasan tentang Save Komodo ini bermula dari postingan foto yang diunggah oleh akun bernama @KawanBaikKomodo, Jumat (23/10/2020) silam. Postingan pertama tersebut sudah di-retweet sebanyak 11 ribu lebih oleh pengguna. Tak hanya itu, banyak juga seruan serupa yang menggunakan foto yang sama.

Tak hanya itu, akun @KawanBaikKomodo itu juga banyak membagikan video-video terkait pebangunan proyek ‘Jurrasic Park’ di kawasan Taman Nasional Komodo itu. Di mana truk-truk dan kendaraan proyek terlihat lalu lalang di kawasan Pulau Rinca.

“Sedih! Komodo berhadap2an dengan truk proyek bangunan Wisata Jurassic di Pulau Rinca. U pertama kalinya Komodo2 ini mendengar deru mesin2 mobil dan menghirup bau asapnya. Akan spt apa dampak proyek2 ini ke depannya? Masih adakah yg peduli dg konservasi?,” cuit akun tersebut.

Baca Juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Gurun Pasir Nazca, Peru

Sebagai informasi, salah satu kawasan taman nasional yang akan mengalami perubahan desain yang begitu masif dan signifikan adalah Pulau Rinca di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Pulau habitat hewan langka Veranus komodoensis ini rencananya disulap secara besar-besaran oleh pemerintah dan juga investor swasta. Nantinya, Taman Nasional Komodo bakal disulap sebagai destinasi wisata premium.

Waduh, gawat juga, ya! Menurut kamu, seharusnya bagaimana? (gg)

 

  • Bagikan