Kelas Esai Nasional Pondok Inspirasi Diikuti Ribuan Peserta

Kelas Esai Nasional Pondok Inspirasi Diikuti Ribuan Peserta

  • Bagikan
Para peserta terlihat antusias mengikuti kelas esai Pondok Inspirasi/tugu jatim
Para peserta terlihat antusias mengikuti kelas esai Pondok Inspirasi. (foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pelatihan esai nasional yang digelar komunitas Pondok Inspirasi diserbu ribuan peserta. Acara yang digelar secara daring pada Sabtu (24/7/2021) itu diikuti sebanyak 6.016 orang dari 346 kampus. Total peserta ini, baik yang mengikuti zoom meeting maupun yang live streaming.

Para peserta terlihat antusias mengikuti diskusi yang diisi oleh Omar Danishwara dan Rico Juni Artanto, selaku founder Pondok Inspirasi. Selain itu, turut memberikan materi Indah Prima Desi mengenai sosialisasi Garuda Litera.

Omar Danishwara menjelaskan materi tentang self leadership.  Penjelasannya diawali soal appresiasi atas karya sendiri. Menurut seorang penulis harus mampu mengapresiasi diri agar terus termotivasi untuk berkarya.

“Sebagai penulis kita perlu berterima kasih kepada diri kita sendiri agar dapat membangkitkan semangat,” terag Omar Danishwara.

Setelah itu, materi inti yaitu mengenai “Pelatihan Menulis Esai Nasional” disampaikan oleh Rico Juni Artanto. Dia menjelaskan banyak hal, mulaing tentang tips-tips menulis esai, bagaimana merancang ide, cara mendapatkan ide yang brilian, dst.

“Tulisan yang memberikan dampak ke lingkungan itu jauh berlipat manfaatnya, jadi perlu dibangun dulu empatinya untuk membangun mendapat ide yang berilian dan yang benar-benar perfect,” kata pria yang akrab disapa Rico itu.

Perlu diketahui bahwa Pondok Inspirasi adalah organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan yang berdomisili di Bogor. Selain menjadi organisasi yang aktif di dunia kepenulisan ilmiah, organisasi ini juga menjadi salah satu komunitas terpilih dalam Community Challenge Kahf.

Ia terpilih untuk mengikuti Girl Leadership Program bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia. Kemudian, Young Business Hub di Turki, serta mengikuti YSEALI YOUnified 2020.

Pondok Inspirasi juga mendapatkan tiga medali emas di ajang internasional Malaysia Technology Expo 2021 dan MISIIT Archimedes Russian 2021.

  • Bagikan