Kemensos Serahkan Santunan pada Keluarga Awak KRI Nanggala-402 di Surabaya

  • Bagikan
Menteri Sosial, Tri Rismaharini saat menyapa keluarga awak KRI Nanggala di Hanggar II Lanudal TNI AL Juanda, Surabaya, Kamis (29/4/2021) (Biro Pers Sekretariat Presiden) kemensos
Menteri Sosial, Tri Rismaharini saat menyapa keluarga awak KRI Nanggala di Hanggar II Lanudal TNI AL Juanda, Surabaya, Kamis (29/4/2021) (Biro Pers Sekretariat Presiden)

SURABAYA, Tugujatim.id – Pemerintah melalui Kementerian Sosial menyerahkan santunan kematian bagi keluarga awak KRI Nanggala-402 yang ditinggalkan, Kamis pagi (29/04/2021) di Surabaya.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyerahkan santunan kematian kepada 51 ahli waris dengan nilai masing-masing Rp15 juta.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat meringankan sebagian beban keluarga yang ditinggalkan,” kata Mensos di Hanggar II Lanudal TNI AL Juanda, Surabaya.

Sebelumnya Mensos telah menyerahkan santunan kepada dua ahli waris yaitu istri Mayor Laut (E) Whilly dan isteri Kopda Dirgantara Nugroho Putranto. Selain santunan, Mensos menyatakan juga akan mengirimkan pekerja sosial untuk memberikan layanan trauma healing kepada keluarga korban.

“Kami akan kirimkan petugas untuk penanganan trauma. Yang dari daerah sudah berjalan melalui balai-balai kami. Mudah-mudahan dengan ini membantu meringankan beban psikologis keluarga prajurit,” kata Risma.

Selain itu, Mensos juga menyerahkan bantuan pendukung pemenuhan kebutuhan dasar untuk anak dan bayi dalam kandungan yang ditinggalkan masing-masing Rp100 juta. Ada juga piagam penghargaan atau kehormatan untuk korban.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Hadji Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowi dan Kepala Staf TNI AL Yudo Margono, kembali menyampaikan belasungkawa kepada para keluarga awak KRI Nanggala yang ditinggalkan.

“Atas nama negara atas nama pemerintah, atas nama rakyat, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala-402 semoga arwah beliau-beliau diterima di sisinya diberikan tempat yang terbaik diampuni dosa- dosanya,” ujar Kepala Negara itu.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

  • Bagikan