Kenali 4 Tanda Wadah Plastik yang Aman untuk Makanan - Tugujatim.id

Kenali 4 Tanda Wadah Plastik yang Aman untuk Makanan

  • Bagikan
Perhatikan kode wadah plastik yang aman untuk makanan. (Foto: waste4change.com)
Perhatikan kode wadah plastik yang aman untuk makanan. (Foto: waste4change.com)

Tugujatim.id – Wadah plastik adalah salah satu tempat yang paling sering digunakan untuk menyimpan makanan. Baik untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama maupun untuk sementara. Wadah plastik memang sering digunakan karena bahannya yang ringan dan mudah dipakai. Namun, Anda harus berhati-hati karena tidak semua wadah plastik aman untuk menyimpan makanan.

Namun jangan khawatir, setiap wadah plastik memiliki kode atau tanda berbentuk segitiga yang dapat membantu untuk mengenali dan mengetahui tiap jenis plastik dari wadah tersebut. Jadi, Anda bisa tahu mana yang aman dan mana yang tidak. Dan kode seperti apa yang aman untuk makanan? Nah, Tugu Jatim telah merangkumnya untuk Anda. Simak baik-baik, ya…

1. Kode 1 Bahan PET (polyethylene terephthalate)

Kode plastik 1. (Foto: sustainabilityguide.co.uk)
Kode plastik 1. (Foto: sustainabilityguide.co.uk)

Kode dengan angka satu di tengahnya ini biasa ditemukan pada botol air mineral. Wadah ini aman digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman karena dapat menyimpan panas (suhu sedang), tidak mudah rusak atau pecah, dan rapat sehingga terhindar dari keluar masuknya udara. Karena itu, wadah plastik berbahan PETE ini cocok untuk menyimpan minuman bersoda.

Namun, wadah ini hanya bisa digunakan sekali karena jika digunakan berkali-kali, maka PETE akan luntur dan menjadi racun yang dapat larut dalam minuman. Racun tersebut dapat mengakibatkan penyakit kanker, gangguan organ reproduksi, dan masih banyak lagi.

2. Kode 2 Bahan HDPE (high-density polyethylene)

Kode plastik 2. (Foto: sustainabilityguide.co.uk)
Kode plastik 2. (Foto: sustainabilityguide.co.uk)

Wadah plastik berbahan high-density polyethylene ini aman untuk digunakan berkali-kali. Biasanya wadah plastik dengan bahan HDPE terdapat pada galon, botol susu, atau botol jus. Wadah dengan kode angka 2 ini juga tahan dengan suhu tinggi sehingga digunakan untuk pembuatan kotak bekal seperti Tupperware.

3. Kode 4 Bahan LDPE (low-density polyethylene)

Kode plastik 4. (Foto: commons.wikimedia.org)
Kode plastik 4. (Foto: commons.wikimedia.org)

Plastik dengan kode LDPE biasa digunakan pada pelapis kotak susu, tutup minuman, dan kemasan yoghurt. Plastik dengan kode 4 ini dapat didaur ulang sehingga tidak meninggalkan limbah plastik. Selain itu, wadah dengan jenis plastik LDPE memiliki fleksibilitas sehingga biasa digunakan pada plastik wrap untuk membungkus sayur dan buah.

4. Kode 5 Bahan PP (polypropylene)

Kode plastik 5. (Foto: upload.wikimedia.org)
Kode plastik 5. (Foto: upload.wikimedia.org)

Wadah plastik dengan kode ini dianggap sangat aman untuk makanan. Lantaran, bahan polypropylene (PP) ini bersifat keras sekaligus lentur dan tahan panas hingga suhu setinggi 140 derajat Celcius. Maka dari itu, bahan ini biasa digunakan pada pembuatan botol bayi, botol obat, wadah margarin, dan botol saus.

Selain 4 kode di atas, masih ada 3 kode wadah plastik lainnya. Namun lebih baik gunakan wadah dengan angka 1, 2, 4, atau 5. Sebab, keempat wadah dengan tanda tersebut lebih aman untuk makanan.
Selain berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi, Anda juga harus teliti dalam memilih wadah makanan. Jangan sampai makanan bernutrisi yang dimakan justru terkontaminasi racun atau bakteri dari wadahnya.

  • Bagikan