Ketahui Manfaat Behel Selain Meratakan Gigi

  • Bagikan
Ilustrasi behel dan kawat gigi. (Foto: Pexels)
Ilustrasi behel dan kawat gigi. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Pemasangan kawat gigi atau behel merupakan prosedur untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi atau posisi rahang yang tidak normal, sehingga gigi bisa rata dan rapi. Namun rupanya manfaat kawat gigi atau behel bukan hanya itu saja lho! Kawat gigi juga dapat mengatasi berbagai masalah.

Melansir dari Molesorthodontics, berikut beberapa manfaat kawat gigi yang telah dirangkum Tugu Jatim dan harus Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika memakai behel akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Seseorang yng memiliki gigi tidak rata biasanya merasa malu dalam tersenyum. Dengan menggunakan hal ini maka gigi akan rapi dan sang pemakai akan lebih percaya diri untuk tersenyum. Memperbaiki artikulasi

Struktur gigi yang tidak rata bisa mempengaruhi kejelasan kata yang kita ucapkan. Behel bisa membantu meratakan struktur gigi sehingga kata yang kita ucapkan bisa semakin jelas.

2. Meningkatkan Kesehatan

Gigi yang tidak rata dan bentuknya tumpang tindih akan membuat kita kesulitan ketika menggosok gigi.
Akibatnya, gigi tidak bisa dibersihkan secara maksimal. Dengan menggunakan behel, gigi akan menjadi lebih rata sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Membantu Pencernaan

Menggunakan behel akan membuat gigi menjadi sejajar, sehingga saat mengunyah makanan bisa merata dan halus. Karena bantuk gigi yang tidak sejajar membuat makanan yang masuk ke perut tidak hancur secara maksimal, akibatnya lambung akan membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan tersebut.

4. Mencegah Erosi Tulang

Gigi yang tidak sejajar dapat menyebabkan keropos pada tulang. Hal ini terjadi karena bakteri pada mulut menggerogoti tulang. Penggunanan behel akan menggerakkan ligamen periodontal dengan meregangkan jaringan ikat dan saraf. Hal ini akan membuat tulang terbentuk kembali secara alami. (Mila Arinda/gg).

  • Bagikan