Ketua APPBI Jatim: Bioskop di Surabaya Sudah Siap Dibuka, Tinggal Tunggu Perwali

  • Bagikan
Ilustrasi bioskop. (Foto: Unsplash/Tugu Jatim)
Ilustrasi bioskop. (Foto: Unsplash/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengizinkan rekreasi hiburan umum (RHU) dibuka kembali meski masih dalam masa pandemi Covid-19. Salah satu RHU yang akan dibuka adalah bioskop di Surabaya. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur (Jatim) Sutandi Purnomosidi menegaskan bahwa semua bioskop di Surabaya sudah siap dibuka.

Sutandi mengatakan, seluruh tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 juga sudah menyurvei ke lokasi bioskop, hanya menunggu perwali saja.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Kalau mengenai persiapan bioskopnya, semua sudah siap. Tim Satgas Covid-19 juga sudah survei, tinggal nunggu Perwali diberi tanda tangan sama Wali Kota Surabaya. Bioskop akan dibuka kembali,” terang Sutandi melalui daring pada Jumat siang (26/03/2021).

Dalam upaya pembukaan kembali bioskop di Surabaya, Sutandi melanjutkan, ada beberapa regulasi atau masukan yang perlu diberi perhatian seperti tetap memperbolehkan membawa makan dan minum di dalam bioskop. Seperti yang sudah diterapkan di kota-kota lainnya.

“Sebenarnya kami sudah ada masukan agar tetap boleh makan dan minum di dalam bioskop. Karena duduknya sudah diselang-seling (social distancing, red). Seperti yang sudah diterapkan di kota-kota lainnya,” jelasnya.

Untuk persiapan mengenai protokol kesehatan (prokes), Sutandi melanjutkan, semua sudah dipasang dengan baik di lokasi bioskop agar tetap menjaga kesehatan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 klaster bioskop di Surabaya.

“Mengenai persiapan sudah tuntas, mulai dari disinfektan di semua ruangan bioskop tersedia dan lain-lainnya. Sampai training SOP (standard operating procedure, red) kepada petugas-petugas bioskop,” bebernya.

Untuk respons Pemkot Surabaya, Sutandi menjelaskan, bahwa mereka memberi tanggapan positif. Semua sudah diproses, hanya menunggu terbitnya Perwali dari Wali Kota Surabaya saja. Sutandi menyampaikan, pihaknya masih menunggu.

“Respons Pemkot Surabaya positif. Semua sudah oke, kami tinggal menunggu perwali saja. Mengenai penambahan petugas bioskop, membawa makan, minum, dan lain-lainnya di dalam bioskop, ya ditunggu saja ya,” ujarnya. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan