Korban Pencurian di Tuban Tak Menyangka Motornya Ketemu usai Hilang 1,5 Tahun - Tugujatim.id

Korban Pencurian di Tuban Tak Menyangka Motornya Ketemu usai Hilang 1,5 Tahun

  • Bagikan
Korban pencurian. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kapolres Tuban AKBP Darman menyerahkan barang bukti kasus pencurian motor kepada pemiliknya. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kabar bahagia diterima oleh Isman, 55, warga Desa Watsogo, Kecamatan Jatirogo, Tuban. Sebab, motornya yang dicuri hampir 1,5 tahun akhirnya bisa kembali lagi berkat usaha dari polisi. Bahkan, korban pencurian motor ini tak berhenti mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan Satuan Reskrim Polres Tuban.

“Terima kasih Bapak Kapolres. Alhamdulillah, motor saya bisa balik lagi,” ucap Isman, korban pencurian, saat mengambil barang bukti kasus pencurian motor pada Rabu (26/01/2022).

Isman menambahkan, sebenarnya dia sudah mengikhlaskan hasil jerih payah yang dia kumpulkan hampir selama beberapa tahun itu hilang. Namun, berkat kesigapan dari kepolisian, motornya dapat kembali.

“Saya tidak menyangka motornya bisa balik, Mas. Saya sudah pasrah dan tidak berharap kembali. Namun, karena ini masih ditakdirkan Allah kembali ke saya. Ya diterima dengan senang hati dan bersyukur,” ungkapnya.

Isman menceritakan, selama 1,5 tahun lalu motor miliknya hilang saat dibawa sang anak mengantar karung plastik jagung ke kebun miliknya yang lokasinya hanya berjarak 1,5 meter. Pada saat mau balik ke rumah, motor telah raib digondol maling.

“Pada saat panen jagung, karung plastiknya saya habis. Kemudian saya meminta anak saya mengambil dan mengantarnya ke kebun. Saat akan kembali ke parkiran, motornya sudah hilang, Mas,” kata Isman pada Rabu (26/01/2022).

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Darman mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari adanya informasi dari korban pencurian yang melihat sepeda motor miliknya itu terlihat di daerah Kecamatan Kenduruan pada Januari 2022.

Korban pencurian. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kapolres Tuban AKBP Darman saat konferensi pers. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Satreskrim Polres Tuban pun memastikan dan menyelidiki sesuai informasi yang didapat. Akhirnya ditemukan motor itu dan mengamankan tersangka bernama Tamam Hermanto di rumah mertuanya pada Sabtu (15/01/2022), pukul 02.35 WIB.

“Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP Sub Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun atau paling lama 4 tahun penjara,” sambung Darman di tengah press conference di Mapolres Tuban.

Selain mengembalikan barang bukti motor milik Isman, Polres Tuban juga menyerahkan barang bukti motor lainnya ke pemiliknya. Setidaknya ada delapan motor dari lima kasus dan enam tersangka dengan kasus yang sama, yakni kasus Pasal 363 KUHP Sub Pasal 480 KUHP.

  • Bagikan