Kota Batu Siapkan Beasiswa Rp 300 Ribu Per Bulan Bagi Anak Yatim Akibat Covid-19 - Tugujatim.id

Kota Batu Siapkan Beasiswa Rp 300 Ribu Per Bulan Bagi Anak Yatim Akibat Covid-19

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Anak yatim di Kota Batu yang kehilangan orang tuanya akibat Covid-19 bakal mendapatkan beasiswa Rp 300 ribu tiap bulannya selama satu tahun penuh. Total anggaran yang disediakan untuk anak yatim korban pandemi melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2021 ini yakni sebesar Rp 1 miliar.

Hal tersebut dibenarkan oleh Anggota Komisi C DPRD Kota Batu, Didik Machmud bahwa kepastian ini terjawab usai pengesahan PAK 2021.

”Kami pastikan beasiswa itu baru bisa direalisasikan tahun depan. Total pagu anggaranya ada Rp 1 miliar, jadi tiap anak akan mendapat Rp 300 ribu per bulan,” kata dia dihubungi awak media, Senin (27/9/2021).

Untuk diketahui, berdasar data sementara, terdapat 80 anak yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 di Kota Batu.

Hal ini sangat penting bagi mereka. Kata dia, dengan realisasi beasiswa merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah warganya selama masa pandemi Covid-19.

“Sangat penting, ini adalah bentuk kehadiran pemerintah daerah,” ujar dia.

Lebih lanjut, ia mendorong dinas terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Batu untuk terus update jumlah anak yang menjadi yatik piatu akibat Covid-19. Dengan begitu, penyaluranhya nanti bisa merata.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih mengatakan, hingga saat ini sudah ada 80 anak yang terdata. Terkait kepastian itu, dirinya belum dapat memastikan sebelum APBD 2022 diketok palu.

”Yang jelas soal itu sudah kami bahas, tapi nunggu disahkan dulu,” kata dia.

Eny melanjutkan, proses pendataan anak yatim ini masih akan terus berlanjut. Beasiswa ini akan diberikan untuk anak sekolah jenjang TK hingga SMA. Untuk besarannya sendiri, dia mengaku belum tahu.

”Besarannya nanti akan mengikuti alokasi anggaran yang ditentukan. Nanti yang jelas beasiswa ini akan diberikan langsung kepada penerima di rekening masing-masing penerima,” pungkasnya.

  • Bagikan