Kota Malang Baru Capai 52 Persen untuk Vaksinasi Lansia Dosis Kedua - Tugujatim.id

Kota Malang Baru Capai 52 Persen untuk Vaksinasi Lansia Dosis Kedua

  • Bagikan
Vaksinasi lansia. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Lansia di Kota Malang menjalani vaksinasi Covid-19. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemkot Malang memiliki target pencapaian vaksinasi Covid-19 tuntas 100 persen pada akhir 2021. Namun, hingga saat ini vaksinasi lansia untuk dosis kedua masih 52 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menjelaskan, vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 64 persen. Sementara vaksinasi dosis kedua masih 52 persen.

“Vaksinasi lansia dosis pertama di Kota Malang sudah 64,47 persen, kalau dosis kedua baru 52,53 persen,” ucapnya pada Kamis (25/11/2021).

Dia menyebutkan, target lansia di Kota Malang terdapat sekitar 83 ribu orang. Sedangkan hingga saat ini baru sekitar 53 ribu lansia yang telah menerima vaksin Covid-19.

Vaksinasi lansia. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Salah satu petugas memperlihatkan vaksin Covid-19. (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Menurut dia, kendala dalam percepatan vaksinasi lansia ada pada kondisi fisik dan penyakit bawaan atau komorbid yang dimiliki lansia di Kota Malang.

“Kendala percepatan vaksinasi untuk lansia itu karena tidak lolos screening. Sebab, kondisi fisik dan ada komorbidnya sehingga vaksinasi harus ditunda,” jelasnya.

Penyakit bawaan yang banyak ditemui dalam screening vaksinasi adalah penyakit darah tinggi dan gula darah. Jadi, pihaknya harus memberikan obat kepada lansia agar kondisinya bisa stabil.

“Biasanya penundaannya sekitar dua minggu, mereka (lansia, red) diberikan pengobatan dulu. Setelah proses pengobatan selesai, akan dilakukan screening kembali untuk bisa dilakukan vaksinasi,” tandasnya.

 

  • Bagikan