KPK Tetapkan Mensos Juliari Batubara jadi Tersangka Terkait Suap Bansos COVID-19

  • Bagikan
Mensos Juliari Peter Batubara ditangkap KPK terkait suap dana bansos COVID-19 untuk area Jabodetabek tahun 2020. (Foto: kemsos.go.id)
Mensos Juliari Peter Batubara ditetapkan tersanka oleh KPK terkait suap dana bansos COVID-19 untuk area Jabodetabek tahun 2020. (Foto: kemsos.go.id)

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial RI, Juliari Peter Batubara menjadi tersangka korupsi dana bantuan sosial (Bansos) untuk penanganan COVID-19.

Hal tersebut ditetapkan setelah lembaga antirasuah tersebut melakukan gelar perkara usai beberapa pihak terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Sabtu (5/12/2020) kemarin.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“KPK menetapkan 5 orang tersangka. Yang pertama sebagai penerima yaitu JPB (Juliari Peter Batubara),” terang Ketua KPK, Firli Bahuri dalam sesi konferensi pers secara virtual, Minggu (6/12/2020) dini hari tadi.

Baca Juga: Hari Terakhir Masa Kampanye Pilkada, Mahfud MD Minta Tim dan Paslon Tetap Tertib

Firli menjelaskan bahwa kelima orang ini ditetapkan menjadi tersangka karena terkait kasus suap bantuan sosial penanganan COVID-19 di wilayah Jabodetabek tahun 2020.

Selain Juliari Batubara, 4 orang lain yakni dari dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bansos di Kemensos, MJS (Matheus Joko Santoso) dan AW (Adi Wahyono). Serta dua lain merupakan supplier rekanan, AIM dan HS.

Firli menjelaskan, bahwa sebagai penerima suap, Juliar dijerat Pasar 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidaka Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sedangkan Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso dijerat Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 huruf (i) UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sedangkan pemberi suap, yakni AIM dan HS dijerat Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga: KPU Jatim: Pendistribusian Logistik Pilkada di 19 Kota/Kabupaten Sudah 95 Persen

Sebelumnnya, Juliari tidak ikut tertangkap dalam OTT yang digelar KPK di kawasan Jakarta dan Bandung pada Sabtu (5/12/2020) kemarin. Juliari akhirnya menyerahkan diri usai KPK meminta para tersangka yang belum tertangkap untuk bisa kooperatif.

Dari penangkapan terhadap Juliari Peter Batubara ini, artinya sebanyak 2 menteri di kabinet pemerintahan Jokowi tahun 2020 ini ditangkap oleh KPK. Sebelumnya, KPK juga menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (gg)

  • Bagikan