KPU Jatim: Pendistribusian Logistik Pilkada di 19 Kota/Kabupaten Sudah 95 Persen

  • Bagikan
Ilustrasi pencoblosan di Pilkada 9 Desember nanti. (Foto: Instagram KPU RI) pencoblosan ulang
Ilustrasi pencoblosan di Pilkada 9 Desember nanti. (Foto: Instagram KPU RI)

Surabaya – Pelaksanaan Pilkada serentak di 19 daerah di Jawa Timur tinggal menghitung hari. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim menyatakan pendistribusian logistik pemungutan suara sudah mencapai 95 persen.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam dikonfirmasi, Jumat (4/12) mengatakan, sebagian besar logistik sudah sampai di 19 kabupaten/kota penyelenggara Pilkada Serentak tersebut. Bahkan, sudah masuk di tiap-tiap kecamatan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Anam menyebutkan, pendistribusian logistik utama seperti surat suara, kotak suara, hingga bilik suara dipastikan sudah sampai di masing-masing kabupaten/kota penyelenggara.”Sudah 95 persen. Tinggal sarung tangan latex yang belum datang, rencana 1 sampai 2 hari kedepan,” ujar Anam seperti dalam rilis Kominfo Jatim, Sabtu (5/12/2020).

Baca Juga: Mengenal Fitur Fleet yang Hadir untuk Warga Twitter

Sementara terkait kesiapan Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Suara (Sirekap), Anam mengaku bahwa petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Jatim sudah melakukan simulasi.

“Simulasi sudah kami lakukan terhadap semua petugas PPS dan PPK yang akan bertugas di Jatim. Semua nomor HP KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang dipakai sudah diinventarisir dan sudah install,” ungkapnya.

Anam juga menjelaskan, dari total 48.607 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 19 kabupaten/kota di Jatim sudah dipetakan sesuai dengan titik koordinat Global Positioning System (GPS). “48.607 TPS juga sudah kita petakan sesuai titik koordinat GPS. Ada 350-an TPS yang tidak ada sinyal, tapi juga sudah dipetakan tempat terdekat yang ada sinyal internetnya,” pungkasnya. (*/gg)

  • Bagikan