Kukuhkan Bunda PAUD, Bupati Tuban Siap Sambut Bonus Demografi 2045

Kukuhkan Bunda PAUD, Bupati Tuban Siap Sambut Bonus Demografi 2045

  • Bagikan
Bunda PAUD Kabupaten Tuban menyelempangkan ke perwakilan Pokja yang didampingi Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki di Pendapa Kridha Manunggal.
Bunda PAUD Kabupaten Tuban menyelempangkan ke perwakilan Pokja yang didampingi Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki di Pendapa Kridha Manunggal. (Foto: Diskominfo)

TUBAN, Tugujatim.id – Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten Tuban dan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tuban resmi dikukuhkan di Pendapa Kridha Manunggal, Kamis (30/06/2022).

Hadir dalam pengukuhan tersebut Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, perwakilan Forkopimda, Sekda Tuban, Budi Wiyana, Kepala OPD dan Camat, serta organisasi perempuan di Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban dalam sambutanya mengungkapkan, Bunda PAUD menjadi sosok penting untuk membentuk pondasi anak-anak di Kabupaten Tuban. Mengingat Kabupaten Tuban akan menyongsong bonus demografi pada generasi masa emas sesuai wacana pemerintah Indonesia Emas 2045.

Selaras dengan tujuan tersebut, Bunda PAUD diharapkan mampu melihat potensi diri tiap anak. Tidak hanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan tetapi juga soft skill, seperti kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Lebih lanjut, pengembangan potensi anak di usia dini menjadi tanggung jawab semua pihak. Perlu ada kolaborasi lintas sektoral sehingga kemampuan anak dapat dioptimalkan.

Semisal, Pokja PAUD bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup guna menyusun program pembelajaran bagi anak PAUD berkaitan dengan membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga lingkungan.

Di samping itu, bunda PAUD di tiap desa diharapkan memetakan anak-anak yang akan bersekolah. Jika ditemukan anak yang kemungkinan tidak bisa melanjutkan jenjang pendidikan dapatnya dilaporkan ke pihak kecamatan.

“Nantinya akan ditindaklanjuti dengan program bantuan pendidikan bagi anak yang kurang mampu secara ekonomi,” jelasnya.

Mas Lindra berpesan kepada seluruh Bunda PAUD agar selalu menjaga koordinasi mulai dari tingkat kabupaten hingga desa/kelurahan. Tidak hanya itu, menjadwalkan kunjungan secara berkala ke kecamatan dan desa/kelurahan. Sekaligus melakukan evaluasi program kerja dan menyerap aspirasi bunda PAUD di tingkat desa/kelurahan.

“Selamat atas pengukuhan Bunda PAUD se-kabupaten Tuban, semoga selalu solid dan senantiasa memberikan manfaat bagi kemajuan Kabupaten Tuban,” tuturnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Tuban, Asmahani Ainisah, menyebutkan bunda PAUD yang dikukuhkan terdiri atas 13 Pokja Kabupaten Tuban, 20 bunda PAUD Kecamatan, dan 328 bunda PAUD Desa. Adapun tujuan dibentuknya Bunda PAUD untuk mengoptimalkan kegiatan masing-masing PAUD agar menjadi lebih baik.

“Selain itu, menciptakan PAUD dengan konsep Holistic Integrative untuk tumbuh kembang anak usia dini,” pungkasnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan