Kurang 2 Hari Lagi, Tugu Media Goes to Campus Diikuti 630 Peserta dari 4 PTN di Surabaya - Tugujatim.id

Kurang 2 Hari Lagi, Tugu Media Goes to Campus Diikuti 630 Peserta dari 4 PTN di Surabaya

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bakal menjadi salah satu pemateri terkait motivasi dan komunikasi. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bakal menjadi salah satu pemateri terkait motivasi dan komunikasi. (Foto: Dokumen)

SURABAYA, Tugujatim.id – Tugu Media Group yang membawahi tugumalang.id dan tugujatim.id bakal menggelar Tugu Media Goes to Campus. Kegiatan ini merupakan pelatihan yang memberi bekal pemberdayaan pada mahasiswa terkait jurnalistik dan fotografi. Tugu Media Goes to Campus bekerja sama dengan PT Paragon Technology and Innovation (PTI) yang memang mempunyai fokus program pada kemajuan di bidang pendidikan.

Tugu Media Goes to Campus sebelumnya sudah berhasil dilaksanakan di UIN Maliki Malang, Universitas Negeri Malang (UM), dan beberapa sekolah menengah atas di Malang Raya. Peserta yang bergabung berjumlan ratusan orang.

Kini, Tugu Media Goes to Campus menjajaki kawasan Kota Surabaya dan bakal diikuti 630-an mahasiswa dari 4 perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Surabaya. Yaitu, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), UIN Sunan Ampel Surabaya (Uinsa), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta dari masing-masing PTN, untuk di Surabaya akan diselenggarakan di 4 PTN sekaligus. Setidaknya akan dihadiri sekitar 500-800 peserta,” jelas Bayu Eka Novanta selaku Manager Event dan Ketua Pelaksana, Sabtu (22/05/2021).

Mentor yang mengisi juga sangat berkompeten di media massa dan jurnalistik, yaitu Pemimpin Redaksi Tugujatim.id Nurcholis MA Basyari, Koordinator Liputan Tugumalang.id Sujatmiko, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana, serta 3 mentor lain yang begitu matang dalam sepak terjang di dunia jurnalistik.

“Tujuan dari agenda Tugu Media Goes to Campus, yakni mahasiswa dapat memahami tentang menulis artikel, memahami foto jurnalisme, serta memfasilitasi karya tulis untuk peserta agar dapat tampil di portal berita Tugu Jatim ID, Tugu Malang ID, dan Kumparan,” jelasnya.

Materi yang bakal dibahas dalam Tugu Media Goes to Campus, yakni Dr Aqua bertema “Mengukir Masa Depan dengan Keterampilan Komunikasi”. Sebab, kemampuan berkomunikasi merupakan bekal penting dan dapat berguna untuk membangun masa depan manusia.

Kabar Terkait Hambatan Jaringan Komunikasi Dr Aqua Dwipayana di Jayapura, Papua

Menjelang agenda besar Tugu Media Goes to Campus bersama 4 PTN di Kota Surabaya, Dr Aqua mengabarkan bahwa sedang ada gangguan komunikasi dan internet di Jayapura, Papua. Sehingga bakal ada sedikit hambatan saat mengisi pelatihan Goes to Campus di Kota Surabaya bersama 600-an peserta.

“Begitu mendapat kabar bahwa koneksi internet di Papua sedang ada gangguan, saya langsung siap mental. Berusaha menikmati kondisi tersebut dan menyesuaikannya,” jelas Dr Aqua.

Dia juga menjelaskan rangkaian agenda di Jayapura, Papua, Minggu (23/05/2021), memenuhi undangan dari Kakanwil Hukum dan HAM Anthonius Ayorbaba untuk Sharing Komunikasi dan Rapat Kerja Teknis Permasyarakatan Kanwil Hukum dan HAM Papua.

Dalam kegiatan Dr Aqua di Jayapura, ada satu hal yang perlu disampaikan terkait terganggunya sarana komunikasi dan jaringan akibat kabel laut Telkom Jayapura putus di titik 360 meter.

Adapun kabel serat optik yang putus tersebut berada di kedalaman sekitar 4.000-4.050 meter di dasar laut. Kabel tersebut menghubungkan jaringan internet Indonesia bagian barat dan Indonesia Timur di bagian utara Kota Jayapura.

Hal itu memungkinkan komunikasi dan jaringan Dr Aqua tatkala mengisi pelatihan untuk 4 PTN di Kota Surabaya menjadi sedikit terganggu, tapi tetap akan diupayakan semaksimal mungkin olehnya.

“Kepada panitia acara itu, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, saya sudah menyampaikan perkembangan terakhir di Papua tentang jaringan internetnya yang ada gangguan. Meski begitu, saya berusaha untuk bisa tampil maksimal, termasuk mengatasi masalah komunikasi agar tidak mengecewakan semua peserta,” ujarnya.

  • Bagikan