News  

Lagi, Ada Pria Ngamuk Bawa Celurit Keliling Kampung di Pasuruan

Juga Bawa Parang

pasuruan tugu jatim
Polsek Bangil saat mengamankan SG (50), pria diduga ODGJ yang mengamuk sambil membawa celurit dan parang di Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Foto: dok Polsek Bangil

PASURUAN, Tugujatim.id – Aksi pria ngamuk sambil membawa celurit keliling kampung kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pasuruan. Kali ini, SG (50) mengamuk dan berkeliaran sambil membawa celurit dan parang di RT 01 RW 01, Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, pada Kamis (6/10/2022).

Kapolsek Bangil, Kompol Indro Susetyo mengungkapkan bahwa SG diamankan di rumahnya, pada Kamis (06/09/2022) siang, sekitar pukul 14.00 WIB.

Indro menjelaskan bahwa penangkapan SG berawal dari laporan warga yang merasa terancam dengan perilakunya yang kerap mengamuk. Apalagi ketika mengamuk, SG mengacungkan sebilah celurit dan parang sambil berkeliling.

“Ketua RT setempat yang melapor ke Polsek mengeluh ada ODGJ yang sedang mengamuk dengan membawa senjata tajam jenis celurit dan parang berjalan keliling kampung sehingga membuat warga resah,” paparnya.

Dalam sebuah video amatir warga, terlihat ketika SG berjalan sambil membawa parang, warga sekitar tidak bisa berkutik. Warga yang takut hanya bisa bersembunyi di dalam rumah sambil menunggu pria itu pergi.

Beruntung, tidak ada warga yang menjadi korban kekerasan SG. “Oleh karenanya, polisi segera menindaklanjuti bersama Muspika Kecamatan Bangil untuk mengamankan yang bersangkutan,” jelasnya.

Menurut Indro, pihaknya sudah memastikan bahwa SG diduga kuat mengalami gangguan mental.
Maka, setelah mengamankan SG, polisi menyelesaikan perkara melalui mediasi dengan perwakilan RT setempat dan keluarga.

Dari hasil mediasi, pihak keluarga sepakat untuk mengevakuasi SG ke puskesmas setempat untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut. “Disetujui oleh pihak keluarga agar penderita ODGJ  segera dievakuasi dari lingkungan RW 01, Kelurahan Pogar, dan segera mendapatkan tindakan medis oleh tim kesehatan Puskesmas Bangil,” pungkasnya.