Lakukan Tracing, Babinsa Bulukandang Pasuruan Dampingi Petugas Puskesmas Lumbang

  • Bagikan
Babinsa Pasuruan mendampingi petugas Puskesmas Lumbang untuk melakukan tracing. (Foto:Dok/Tugu Jatim)
Babinsa Pasuruan mendampingi petugas Puskesmas Lumbang untuk melakukan tracing. (Foto:Dok/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – Bersama petugas Puskesmas Bulukandang, anggota Koramil 0819/09 Lumbang Kodim 0819/Pasuruan dan Tim Satgas Covid-19 melakukan tracing pada Sabtu (27/03/2021). Kegiatan tracing kali ini dilaksanakan kepada seorang warga RT 10/RW 03, Desa Bulukandang, Kecamatan Lumbang.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi potensi penularan Covid-19 kepada orang lain. Tujuannya adalah agar jumlah pasien suspek Covid-19 bisa ditekan sekecil mungkin.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Sementara itu, Babinsa Bulukandang Sertu Heri Purnomo mengatakan, pentingnya melakukan tracing untuk menelusuri jejak kontak antara pasien yang telah positif Covid-19 dengan orang yang berada di sekitarnya.

“Upaya tracing ini perlu dilakukan agar pasien positif Covid -19 tidak semakin bertambah,” ujar Sertu Heri.

Tracing dilakukan kepada warga Pasuruan agar Covid-19 semakin tak menyebar. (Foto:Dok/Tugu Jatim)
Tracing dilakukan kepada warga Pasuruan agar Covid-19 semakin tak menyebar. (Foto:Dok/Tugu Jatim)

Sementara itu, Danramil 0819/09 Lumbang Kapten Arh Suprawoto menyampaikan bahwa selain menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes), juga mengimbau lakukan 5M kepada masyarakat. Sebab, hal itu dianggap cara yang sangat efektif dalam mencegah penyebaran Covid- 19 ditambah terus melakukan langkah 3T (tracing, testing, dan treatment).

“Intinya, apa yang menjadi arahan pimpinan akan kami tindak lanjuti, yaitu dengan terus mengimbau masyarakat untuk menerapkan prokes dengan 5M serta melaksanakan 3T,” ujar Kapten Arh Suprawoto.

Sebab, dia menjelaskan lebih lanjut, dua hal tersebut merupakan upaya yang dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, dia juga berpesan kepada warga yang telah di-tracing wajib me-monitoring kondisi tubuhnya. Apabila mengalami gejala seperti batuk dan sesak napas, mereka bisa langsung menghubungi layanan kesehatan terdekat. (*/ln)

  • Bagikan